Alibaba Resmi Melantai di Bursa Hong Kong

Rahmad Fauzan
Selasa, 26 November 2019 | 17:06 WIB
Alibaba Group/Reuters
Alibaba Group/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA dan HKEX: 9988) resmi terdaftar di papan utama perdagangan di Hong Kong Exchanges and Clearing Limited (HKEX).

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (26/11/2019), saham-saham Alibaba Group yang terdaftar di Hong Kong akan sepenuhnya bisa dipertukarkan (fungible) dengan ADS Alibaba di New York Stock Exchange (NYSE).

Adapun, Alibaba Group memiliki target melayani lebih dari 1 miliar konsumen aktif tahunan dan mencapai lebih dari RMB10 triliun GMV tahunan melalui bisnis konsumennya di Tiongkok dalam 5 tahun ke depan.

Hal tersebut dinilai menjadi fondasi yang solid untuk mencapai target strategis jangka panjang perusahaan, yakni melayani 2 miliar konsumen global, memberdayakan 10 juta UMKM di platform-platform Alibaba, dan menciptakan 100 juta pekerjaan.
Dikutip dari Reuters pada Selasa (26/11/2019), pembukaan sesi perdana Alibaba di Bursa Efek Hong Kong ditutup naik 6,6%.

Adapun, harga saham Alibaba senilai US$1,78 miliar yang diperjualbelikan di Bursa Efek Hong Kong menempatkan perusahaan sebagai debutan terbesar ketiga di sepanjang sejarah pasar bursa Hong Kong.

Menurut data Revinitif, tahun ini Alibaba juga tercatat sebagai lima besar perusahaan dengan tingkat perdagangan tertinggi di New York dengan rerata US$2,6 miliar per hari.

Perusahaan raksasa asal China tersebut meraup setidaknya US$11,3 miliar melalui listing pasca-IPO yang meningkatkan kepercayaan diri atas kondisi finansial Hong Kong di tengah situasi tidak kondusif seiring dengan makin memanasnya aksi protes antipemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper