Microsoft 365 Business, Solusi Komplit Terbaru Bagi Pelaku Bisnis di Era Digital

Di era digital, perusahaan dituntut untuk menyelesaikan persoalan dengan mudah dalam satu perangkat kerja.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 30 September 2019  |  20:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Siapapun pebisnis yang mengelola sebuah perusahaan akan menghadapi tantangan membereskan persoalan administratif, sekaligus memikirkan pengelolaan data pasar, merancang proyek, hingga berhubungan dengan para klien.

Di era digital kini, perusahaan juga dituntut untuk menyelesaikan persoalan itu dengan mudah dalam satu perangkat kerja.

Perusahaan yang baik akan membangun sistem manajerial yang yang membidangi objek tersendiri seperti General Affair dan administrasi, bagian pemasaran dan penjualan, bagian produksi, hingga kepegawaian.

Masing-masing bagian mempunyai fungsi untuk menangani hal-hal khusus dan spesifik.

Pada akhirnya, satu perusahaan akan menghadapi kompleksitas dari pola manajerial tersebut.

Mulai dari dokumentasi, arsip, hingga pendataan dan surat-menyurat akan semakin banyak dan berlapis.

Hal ini tentunya dikarenakan perusahaan itu hanya mengatur dan menetapkan pola kerja yang seragam, tetapi tidak menggunakan perangkat penyelesaian pekerjaan yang beragam.

Bisa dibayangkan hasilnya, misalnya saja jika bagian produksi tengah menggarap satu proyek dengan tim terdiri dari beberapa orang, namun dengan perangkat kerja yang beragam.

Masing-masing membutuhkan waktu, tempat, dan energi yang terbuang untuk rapat dan monitoring penyelesaian sebuah proyek.

Ataupun jika mereka menggunakan satu perangkat yang sama, namun perangkat tersebut tidak memiliki fungsi koneksi, untuk satu presentasi atau rapat saja membutuhkan waktu dan tempat khusus. Alhasil, banyak tenaga dan waktu yang terbuang.

Atas dasar kebutuhan itulah, Microsoft menghadirkan perangkat berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) berjuluk Microsoft 365 Business.

Dengan perangkat terintegrasi, terkoneksi, dan dilengkapi dengan AI, maka suatu perusahaan bisa saling terhubung dalam satu pembahasan yang melibatkan beragam karyawan, hingga lintasdivisi.

Microsoft 365 Business memiliki kemampuan mengintegrasikan dan mengoneksikan satu pekerjaan dengan Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Lewat perangkat ini, siapapun bisa saling mengobrol, bertemu, dan berkolaborasi dengan fitur Microsoft Teams.

Lebih mutakhir, Microsoft 365 Business memungkinkan penyimpanan akses, dan distribusi berkas (file) di mana saja dengan 1 TB penyimpanan OneDrive.

Bekerja dari mana saja dengan aplikasi Office di perangkat apa saja, Microsoft 365 Business memiliki kemampuan perlindungan yang mumpuni dan dukungan 24/7. 

Beberapa kelebihan Microsoft 365 Business yaitu:

1. Selesaikan lebih banyak pekerjaan karena menggunakan AI dan kemampuan untuk menyimpan, mengakses, serta berbagi file dari mana saja.

2. Terdapat aplikasi PowerPoint Designer yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu Anda menciptakan slide-slide indah hanya dengan sekali klik.

Saat Anda menaruh konten pada slide, Designer bekerja di belakang layar melalui cloud untuk mencocokkan konten Anda dengan tata letak yang dirancang secara ahli, sehingga siapa pun dalam bisnis Anda dapat membuat presentasi dengan tampilan lebih professional.

3. Memiliki OneDrive for Business untuk memangkas waktu yang terbuang dengan mempercepat dan mempermudah akses file.

Anda dapat berbagi file dan berkolaborasi mengerjakan dokumen dengan siapa saja, di dalam atau di luar organisasi.

Dengan penyimpanan 1 TB, ada banyak ruang untuk file Anda, dan Anda dapat mencari file dan folder lintas perangkat dari mana saja.

4. Semua orang yang mengerjakan sebuah proyek dapat mengobrol, bertemu, dan berkolaborasi dengan Microsoft Teams.

Teams menyatukan orang dan informasi di ruang kerja bersama yang dilengkapi dengan obrolan grup, panggilan telepon, dan rapat online. Selain itu, Anda memiliki akses ke aplikasi Office bawaan, sehingga Anda dapat meninjau dan mengedit file Word, Excel, dan PowerPoint dalam Teams.

5. Microsoft Outlook dapat membantu Anda terus melayani pelanggan menggunakan kotak surat bersama dan alias, seperti “help@contoso.com” atau “sales@contoso.com.”

Outlook memudahkan sekelompok pekerja dalam memantau dan mengirimkan email dari alias yang sama.

6. Masih mengelola data pelanggan dalam spreadsheet?

Microsoft 365 Business dapat membantu Anda membina hubungan dengan Outlook Customer Manager, solusi CRM yang dirancang khusus untuk usaha-usaha kecil.

Microsoft 365 Business secara otomatis melacak interaksi pelanggan dan membantu Anda melihat perincian, riwayat, transaksi yang berlangsung, dan tugas-tugas tertunda tepat di dalam Outlook.

7. Selama ini, bisnis yang mengandalkan penyediaan layanan melalui janji temu-seperti kantor medis dan firma konsultan dan hukum-memerlukan cara yang andal untuk mengelola proses pemesanan.

Kini terdapat aplikasi Microsoft Bookings menyediakan antarmuka yang mudah bagi karyawan dan pelanggan.

Selain menjadwalkan janji temu secara otomatis, Bookings memberikan fleksibilitas kepada pekerja untuk menjadwalkan, menjadwalkan ulang, membatalkan, atau mengubah janji temu secara manual berdasarkan panggilan telepon dan email dari pelanggan.

8. Mobilitas adalah hal yang baik, tetapi hanya jika Anda dapat menjaga keamanan data.

Microsoft 365 Business memungkinkan Anda menetapkan kebijakan untuk membantu mengontrol akses ke email dan dokumen organisasi untuk perangkat dan aplikasi seluler yang didukung.

Jika ada perangkat yang hilang atau dicuri, Anda dapat menghapusnya dari jarak jauh untuk membersihkan data perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
microsoft

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top