Lenovo: Pasar Laptop Gim Tumbuh Double Digit

Perkembangan olahraga elektronik (eSport) turut mendukung perkembangan penjualan laptop gim di Indonesia mencapai dobel digit sepanjang 2019.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 25 September 2019  |  18:59 WIB
Lenovo: Pasar Laptop Gim Tumbuh Double Digit
Lenovo memperkenalkan konsep laptop fleksibel dalam sebuah acara yang digelar di New York baru-baru ini. - Twitter

Bisnis.com, SEMARANG—Perkembangan olahraga elektronik (eSport) turut mendukung perkembangan penjualan laptop gim di Indonesia mencapai double digit sepanjang 2019.

Consumer Marketing Lead Lenovo Indonesia Diantika mengatakan potensi pasar gim di Indonesia bertumbuh sangat pesat. Hal ini juga disebabkan maraknya pengembangan olahraga elektronik.

“Kami lihat pertumbuhan para pemain gim pesat, eSport sangat berkembang. Karena yang support industri eSport tidak hanya IT, tetapi hampir seluruh industri seperti telekomunikasi ataupun Fast Moving Consumer Goods ( FMCG),” ujarnya di Semarang, Rabu (25/9/2019).

Berdasarkan riset Lenovo, ada tiga tipe pemain gim di Indonesia yang dilihat dari intensitas waktu bermainnya. Ketiga tipe pemain itu ialah hardcore atau sering, avid atau sedang, dan kasual atau biasa saja.

Menurut Diantika, Lenovo melalui tipe Legion mengincar pasar pemain avid dengan rentang usia 16—35 tahun. Mereka adalah golongan yang memiliki fokus utama sekolah, kuliah, atau bekerja, dan ketika waktu luang akan memainkan gim.

Kebutuhan kelas avid ialah perangkat yang ringkas, ringan, nyaman di bawah, tetapi memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk bermain gim secara online. Misalnya saja gim yang cukup berat seperti Battlefield dan PUBG.

“Target utama kita adalah avid gamers, yang memiliki fokus atau interest lain di samping gim. Makanya kami menyesuaikan spesifikasi produk sesuai karakter pasar tersebut,” imbuhnya.

Diantika menargetkan penjualan laptop Lenovo, khususnya untuk segmen gim, dapat bertumbuh double digit atau seiring dengan perkembangan industri pada 2019. Secara nasional, Lenovo masuk ke dalam jajaran 10 besar penjualan laptop terbanyak.

Di Semarang, bahkan Lenovo mencapai jajaran 3 teratas dalam pasar laptop. Namun demikian, penjualan laptop gim atau tipe Legion belum sebanyak segmen umum.

“Penjualan laptop gim Lenovo tidak sebesar yang mainstream, tetapi tumbuhnya bisa double. Kami harap pertumbuhan dobel ini bisa berlanjut,” tuturnya.

Di segmen gim, Lenovo menawarkan sejumlah produk unggulan seperti Lenovo IdeaPad 340 Gaming (harga mulai Rp10,99 juta), Lenovo Legion Y540 (harga mulai Rp14,49 juta), Lenovo Legion Y7000 (harga mulai Rp14,49 juta), dan Lenovo Legion Y740 (harga mulai Rp28,25 juta).

Menurut Diantika, kisaran harga tersebut cocok dengan segmen pasar pemain avid yang dibidik Lenovo. Untuk tipe premium Lenovo Legion Y740 justru memiliki paling banyak peminat, kendati harganya tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
laptop

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top