Pemerintah Janjikan Iklim Persaingan Sehat Industri Dagang-el pada 2020

Pemerintah menjanjian bakal menciptakan kesetaraan tingkat persaingan antara pelaku usaha konvensional dan dagang-el (e-commerce) pada 2020.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  15:19 WIB
Pemerintah Janjikan Iklim Persaingan Sehat Industri Dagang-el pada 2020
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menjanjian bakal menciptakan kesetaraan tingkat persaingan antara pelaku usaha konvensional dan dagang-el (e-commerce) pada 2020.

Langkah itu, menurut Presiden Joko Widodo perlu dilakukan untuk mengoptimalkan penerimaan perpajakan di era digital. Hal itu disampaikannya dalam pidato nota keuangan 2020 di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) di Gedung DPR RI, Jumat (16/8/2019).

“Sementara itu, reformasi dalam hal penerimaan negara bukan pajak (PNBP) akan dilakukan melalui penguatan regulasi dan penyempurnaan tata kelola dengan tetap menjaga kualitas pelayanan publik,” katanya, di Gedung DPR RI, Jumat (16/8/2019).

Di sisi lain, guna mendorong inovasi dan hadirnya entrepreneur baru, pemerintah akan mengoptimalkan penyaluran Dana Desa 2020.

Hal itu menurutnya, perlu dilakukan agar produk-produk lokal yang dimiliki oleh setiap desa dapat dipasarkan secara nasional, bahkan global, melalui market place.

Adapun, Dana Desa pada 2020 dialokasikan sebesar Rp72 triliun.

Penggunaan dana desa tersebut akan lebih ditingkatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan potensi ekonomi desa, sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
e-commerce

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top