Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi transaksi pembayaran menggunakan kartu. - ANTARA/Muhammad Adimaja
Premium

Mengamankan Data Diri, Cegah Penyalahgunaan Kartu Terjadi Lagi

12 Juli 2019 | 09:08 WIB
Transaksi menggunakan kartu kredit terus meningkat dari tahun ke tahun. Potensi besar yang perlu dibarengi jaminan keamanan, baik dari pemerintah dan prinsipal maupun pemilik kartu.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandangan bahwa UU Perlindungan Data Pribadi penting untuk segera dibuat ternyata tidak hanya datang dari para pelaku usaha di bidang pembayaran digital atau financial technology.

UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) juga dianggap penting untuk segera diwujudkan oleh Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI). General Manager AKKI Steve Martha menyatakan pihaknya mendukung pembuatan beleid tersebut, yang sampai saat ini prosesnya masih ada di tangan pemerintah.

Dia menuturkan selama ini, sebenarnya pengamanan data kartu kredit sudah diatur melalui ketentuan-ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Penerbit kartu kredit juga diyakini serius menjaga keamanan data para nasabah untuk menjaga kepercayaan pengguna.

Tetapi, Steve tidak menampik bahwa kelahiran UU PDP nanti akan mampu meningkatkan keamanan data nasabah. Kelahiran regulasi itu dipercaya bisa berdampak positif bagi industri kartu kredit di Indonesia.

Pengunjung melakukan transaksi saat berbelanja di acara Gelar Batik Nusantara di Jakarta, Rabu (8/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top