Ruangguru Tambah 3 Fitur Bimbel Online Baru

PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru), perusahaan rintisan teknologi pendidikan, merilis tiga fitur baru dalam aplikasinya untuk mendongkrak jumlah pengguna aktifnya yang saat ini mencapai 15 juta siswa.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  17:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru), perusahaan rintisan teknologi pendidikan, merilis tiga fitur baru dalam aplikasinya untuk mendongkrak jumlah pengguna aktifnya yang saat ini mencapai 15 juta siswa.

Peluncuran fitur baru tersebut sekaligus merayakan ulang tahunke-5 Ruangguru  dan juga menyambut tahun ajaran 2019/2020.

Founder & CEO Ruangguru Belva Devara menyatakan selama lima tahun terakir, layanan Ruangguru telah melayani lebih dari 15 juta pelajar dan 300.000 guru di eseluruh Indonesia. Aplikasi Ruangguru juga memperoleh rating tertinggi untuk aplikasi belajar di Google Playstore, dengan rating 4,7 dari 5.

“Aplikasi Ruangguru telah banyak mengalami perubahan dari tahun lalu. Kita banyak membuat inovasi baru untuk pengguna. Dari yang sebelumnya aplikasi bimbel [bimbingan belajar] online terbesa kini menjadi aplikasi belajar terbesar di Indonesia,” ujarnya, Rabu (10/7/2019).

Dia memaparkan, fitur baru tersebut antara lain Bank Soal, Ruangguru Adventure, Live Teaching dan Discussion Forum. Menurutnya, fitur Bank Soal mengubah wajah aplikasi Ruangguru dari yang semula seperti perpustakaan dengan video-video belajar, kini dilengkapi dengan contoh soal ujian dari tahun ke tahun untuk menjadi referensi pelajar.

Fitur ini menggunakan sistem pintar atau smart recommendation,yang dapat merekam seluruh kegiatan pengguna secara otomatis dalam aplikasi, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan siswa tersebut. Dari data tersebut, aplikasi dapat merekomendasikan produk atau fitur yang paling sesuai dengan pengguna.

Sementara itu, Ruangguru Adventure merupakan gamifikasi proses pembelajaran dalam aplikasi Ruangguru. Melalui fitur ini, pengguna dapat bermain sambil belajar, dan berpeluang mendapatkan sejumlah poin yang dapat ditukar dengan produk digital dalam aplikasi.

“Gamifikasi ini terbukti meningkatkan engagement cukup tinggi pengguna aplikasi kami. Dengan memainkan gim sebenarnya pengguna juga sedang belajar. Proses belajar menjadi menyenangkan,” ungkapnya.

Fitur lainnya adalah live teaching yang menyiarkan secara langsung pemaparan dari guru lewat aplikasi. Pengguna dapat langsung melakukan tanya jawab melalui fitur chat yang ada di dalamnya.

 Adapun fitur terakhir adalah Discussion Forum, yang menjadi ruang diskusi antar para pelajar pengguna mengenai topik tertentu. Forum diskusi ini turut dimoderatori oleh pengajar.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
StartUp

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top