Google Bilang Sanksi ke Huawei Justru Mengancam Keamanan Nasional Amerika

Pemerintah Donald Trump menyertakan Huawei ke dalam daftar hitam mitra perdagangan.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  20:12 WIB
Google Bilang Sanksi ke Huawei Justru Mengancam Keamanan Nasional Amerika
Android Pie (fossbytes.com)

Bisnis.com, JAKARTA — Google menyatakan kebijakan pelarangan hubungan bisnis perusahaan Amerika Serikat dengan Huawei Technologies menimbulkan risiko terhadap keamanan Amerika Serikat.

Peringatan Google tentang risko keamanan rencana kebijakan Presiden AS Donald Trump tersebut dilaporkan Reuters dengan mengutip Financial TImes pada Kamis (6/6/2019) waktu setempat. Langkah Google diambil di tengah perang tarif antara AS dan China makin memanas.

Meskipun sanksi dari Amerika Serikat diperkirakan memukul Huawei pada jangka pendek, kebijakan tersebut bakal memaksa Huawei dan perusahaan China lain untuk bisa memenuhi kebutuhan komponen dengan mengembangkan teknologi buatan lokal. Kondisi tersebut bakal menghancurkan dominasi perusahaan teknologi Amerika Serikat, termasuk Google.

Google, secara khusus, cemas karena perusahaan yang berbasis di Silicon Valley tersebut tidak bisa menyediakan pembaruan bagi ponsel Huawei sehingga Huawei harus mengembangkan sistem operasi alternatif Android.

Selain memukul bisnis Google, Google mengklaim bahwa versi Android modifikasi Huawei akan lebih rentan peretasan.

Pemerintah Donald Trump menyertakan Huawei ke dalam daftar hitam mitra perdagangan. Langkah ini membuat Huawei dan 68 perusahaan terafiliasi di 12 negara masuk ke dalam Entity List, daftar perusahaan yang dinilai berisiko terhadap keamanan nasional Amerika Serikat.

Google dan Departermen Perdagangan Amerika Serikat belum memberikan komentar atas laporan Financial Times.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
google, huawei

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top