XL Ingin Pastikan Layanan Data Lancar Selepas Nyepi di Bali

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 15 Maret 2018 | 11:58 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. terus berkomunikasi dengan pemerintah tentang rencana penghentian layanan data di Bali selama Hari Raya Nyepi. XL ingin memastikan layanan data XL bisa langsung normal selepas Nyepi.

Head External Communication XL Axiata Henry Wijayanto menuturkan secara prinsip, pihaknya pun mengikuti arahan kementerian untuk menghomati perayaan Nyepi dengan menonaktifkan internet. 

"Secara prinsip XL Axiata akan mengikuti arahan pemerintah/Kemenkominfo," kata Henry. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah membebaskan operator telekomunikasi mengambil keputusan sesuai dengan kebutuhan pelanggannya di Bali.

"Kami akan kembalikan seruan itu kepada operator, kalau mau dimatikan ya silakan, kalau tidak ya tidak apa-apa. Tetapi yang jelas daerah objek vital seperti rumah sakit yang membutuhkan internet tidak boleh dimatikan," tuturnya, Rabu (14/3).

Penghentian layanan internet di Bali diusulkan oleh majelis keagamaan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) daerah setempat.

"Ini baru pertama kali terjadi. Biasanya kan yang dimatikan itu hanya televisi dan radio saja. Ini baru pertama kali Internet juga minta dimatikan," katanya.

Untuk kesiapan secara teknis, Henry menyebut masih melakukan komunikasi dengan pemerintah guna menjamin kelancaran pelayanan data selepas Nyepi. Hal itu menjadi penting karena terdapat sekira 2,5 juta pelanggan XL di Bali dengan 1,5 juta di antaranya merupakan pelanggan data. 

"Jumlah pelanggan data lebih dari 1,5 juta pelanggan dari total pelanggan lebih dari 2,5 juta di Bali," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper