Mau Jajal Ponsel 5G? Tunggu Sampai Tahun Depan

Thomas Mola
Selasa, 30 Januari 2018 | 08:03 WIB
Teknologi 5G/Ilustrasi
Teknologi 5G/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga riset teknologi, Gartner memprediksi ponsel pintar 5G akan masuk ke pasar pada 2019. Kehadiran ponsel 5G itu sejalan dengan peluncuran jaringan 5G di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan.

"Kami prediksi bahwa pada 2021, sekitar 9% ponsel pintar yang terjual akan mendukung 5G," ujar Roberta Cozza, Direktur Riset Gartner dalam keterangan resmi seperti dikutip, Selasa (30/1/2018).

Dia menuturkan, secara umum teknologi 5G akan mendorong layanan video dan layanan streaming karena lebih cepat. Selain itu, jaringan 5G juga akan mendukung layanan aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Adapun, sejauh ini Korea Selatan yang sangat agresif untuk meningkatkan adopsi 5G. Teranyar, Korea Selatan berencana memamerkan teknologi 5G pada Asian Games 2018 di Jakarta.

Di Tanah Air, pemerintah telah mengeluarkan uji coba 5G sejak 2 tahun lalu, tetapi masih minim aplikasi. Pemerintah diminta terlebih dahulu harus mengidentifikasi spektrum frekuensi yang bisa digunakan untuk uji coba 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper