CEO Google Dapat Gaji Fantastis

Agne Yasa
Selasa, 2 Mei 2017 | 01:55 WIB
Chief Executive Officer (CEO) Google Sundar Pichai/Dailymail
Chief Executive Officer (CEO) Google Sundar Pichai/Dailymail
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alphabet Inc. sepertinya tidak bisa berhenti menumpuk gaji besar-besaran di Google untuk Chief Executive Officer (CEO) Sundar Pichai. Dilansir dari Bloomberg pada Minggu (1/5/2017), petinggi di unit mesin pencari ini menerima kompensasi US$199,7 juta untuk 2016, menurut sebuah peraturan yang dikeluarkan pada Jumat lalu.

Itu menandai tahun ketiganya berturut-turut mendapatkan gaji sembilan digit, prestasi langka bahkan pada perusahaan teknologi berbayar dan hampir tidak pernah terdengar di industri lain.

Sejak menjadi CEO pada 2015, Pichai telah bergerak untuk memberi Google kontrol lebih besar atas dua bidang kritis yakni kecerdasan buatan dan cloud.

Dia mengawasi lonjakan 17,8% bisnis iklan inti Google tahun lalu, sementara juga meningkatkan pendapatannya di cloud dan perangkat keras, merupakan tujuan lama perusahaan tersebut.

Kompensasi Pichai pada 2016 terdiri dari 273.328 saham Kelas C yang rampung setiap triwulan sampai 2019 jika dia tetap di tempat kerja.

Penghargaan tersebut diberikan sekitar enam bulan setelah bisnis teknologi mengumumkan akan melakukan reorganisasi menjadi perusahaan induk Alfabet. Sebagai bagian dari transisi, Pichai dipilih memimpin Google, mengambil kendali dari Larry Page yang menjadi chief executive entitas induk.

Ini bukan kali pertama jika mengikuti jejak kaki Page yang menyebabkan pembayaran besar untuk Pichai. Pada tahun 2015, dia mendapat sekitar US$100 juta untuk melaporkan kompensasi setelah dipromosikan menjadi wakil presiden produk dan mengambil alih banyak tanggung jawab Page yang mengawasi area seperti produk pencarian dan iklan. Itu menjadikannya salah satu eksekutif Amerika Serikat dengan gaji tertinggi tahun itu, menurut Bloomberg Pay Index.

Paket pembayaran terbesarnya yang bisa dipungut dari pengajuan datang pada tahun 2014. Dia mendapatkan 442.424 saham senilai sekitar US$250 juta pada bulan Agustus tahun itu, sesaat sebelum promosi. Saham tersebut akan dipegang sepenuhnya pada tahun 2018.

Alfabet tidak diharuskan untuk mengungkapkan kompensasinya pada saat itu, pengajuan tidak mengungkapkan mengapa dia menerima hibah besar tersebut. Seorang juru bicara perusahaan menolak berkomentar mengenai penghargaan tersebut. Alfabet juga tidak mengungkapkan gaji atau bonus tunai yang dibayarkan kepada Pichai pada tahun 2014.

Perusahaan berbasis Mountain View, California biasanya memberikan penghargaan ekuitas kepada atasan tertinggi setiap dua tahun sekali, sebuah strategi yang telah dikatakannya "mendorong eksekutif untuk mengambil pandangan jangka panjang mengenai bisnis ini."

Chief Financial Officer Ruth Porat mendapat paket pembayaran senilai US$39,1 juta untuk tahun 2016, sebagian besar dalam penghargaan saham yang diraih sampai 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper