Keamanan Cyber: Kewaspadaan Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Natalia Indah Kartikaningrum
Rabu, 27 Juli 2016 | 18:38 WIB
Ilustrasi/youtube
Ilustrasi/youtube
Bagikan

Bisnis.com, KUTA - Pemerintah bersama pihak terkait berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya keamanan cyber.

Henri Subiakto, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, mengatakan sebenarnya sudah ada kesadaran dari masyarakat Indonesia sendiri, namun menurutnya masih kurang.

“Yang benar-benar sadar atau peka terhadap keamanan cyber mungkin hanya pihak pengamanan saja, belum banyak masyarakat yang sadar benar-benar. Oleh karena itu, kita semua mempunyai tugas untuk meningkatkan awareness masyarakat luas baik dunia fisik maupun dunia maya karena keduanya itu bagian kehidupan kita,” tegasnya kepada media, Rabu (27/7/2016).

Direktur Keamanan Informasi Kementerian Kominfo, Aidil Chendramata, menambahkan ancaman keamanan dari dunia cyber selalu meningkat dan selalu ada seiring dengan perkembangan aplikasi maupun perkembangan penggunanya.

“Maka dari itu, kami dari pihak pemerintah juga hadir untuk bagaimana mengamankan, mereduksi, atau meminimalisir risiko-risiko dari ancaman tersebut. Saat ini, semuanya punya potensi untuk melakukan hal ilegal dengan mengambil informasi secara tidak sah sehingga virus cyber itu tidak bisa kita anggap enteng karena dia bisa dikendalikan dari jarak jauh itu juga berbahaya bagi kita,” paparnya.

Menurutnya, banyak sekali macam ancaman yang dapat dilakukan di dunia cyber. Hingga sejauh ini, sistem pengamanan di Indonesia masih terus berjuang untuk memperkuat sistem informasi terutama dalam dunia cyber.

“Menurut saya, sistem di Indonesia sendiri masih lemah namun kita harus bersama-sama berjuang untuk memperkuatnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper