Oppo R5 Diklaim Anti Bengkok

Lukas Hendra TM
Rabu, 10 Desember 2014 | 16:02 WIB
Oppo R5/engadget.com
Oppo R5/engadget.com
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – PT Oppo Electronics Indonesia mengungkapkan produk anyar mereka R5 menggunakan campuran material khusus, sehingga konsumen tidak perlu mengkhawatirkan ponsel tipis itu menjadi bengkok saat disimpan di saku celana.

CEO Oppo electronis Indonesia Jet Lee mengatakan rangka (frame) merupakan bagian paling vital dalam konstruksi sebuah perangkat ponsel pintar yang tipis. Dia menjelaskan saat ini kebanyakan produsen menggunakan material berbahan aluminium alloy untuk memproduksi rangka tersebut.

“Namun divisi riset dan pengembangan Oppo melakukan terobosan dengan mengadopsi kekuatan stainless steel dengan aluminium alloy sebagai bingkai busur mikro [micro arc],” katanya di Jakarta, Rabu (10/12).

Menurutnya, perpaduan ini menghasilkan rangka ultra tipis tetapi kuat, tangguh dan tidak lentur. Dengan demikian, lanjutnya, konsumen bisa dengan nyaman menyimpan Oppo R5 yang memiliki ketebalan 4,85 milimeter di dalam saku celana tanpa takut perangkat itu menjadi bengkok.

Jet Lee mengungkapkan rangka baja Oppo R5 memiliki kekuatan sangat tinggi yang mencapai 250 HV (ukuran standar kekerasan logam), atau tiga kali lipat lebih keras dari paduan aluminium alloy biasa (80 HV).

Bahkan lanjutnya, bahan baku stainless steel Oppo R5 telah menjalani empat kali proses penempaan dan  melalui lima kali proses bertekanan tinggi. Tak hanya itu, bahan tersebut juga harus melewati 55 kali proses produksi dan lebih dari seribu kali pemolesan untuk mendapatkan rangka baja kuat yang kemudian dapat digunakan sebagai kerangka Oppo R5.

Selain itu, untuk mendapatkan kekuatan rangka yang superior, perusahaan juga memanfaatkan proses physical vapor deposition (PVD) yaitu proses pelapisan untuk meningkatkan ketahanan rangka terhadap panas, abrasi serta karat. Perusahaan asal China tersebut mengklaim dengan adanya proses PVD tersebut dapat meningkatkan kekuatan permukaan smartphone R5 dari 250 HV ke 400 HV.

Jet Lee menjelaskan dalam uji tekuk dengan menggunakan beban seberat 25 kilogram sebanyak 1.000 kali di kedua sisi frame, R5 terbukti tipis tetapi tidak bengkok. Dengan frame baja busur mikro berkekuatan tinggi yang dilas secara tiga dimensi, lanjutnya, Oppo R5 menjadi perangkat yang sangat tipis tetapikuat dan tangguh. 

“Ketangguhan ini adalah hal yang membedakan OPPO R5 dengan smartphone tipis lainnya. Konstruksi R5 yang dirancang secara ergonomis menggunakan bingkai micro-arc memberikan kenyamanan saat digenggam,” ujarnya. (Bisnis.com)

 




 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Sumber : Bisnis.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper