Blue Bird Luncurkan Taksi Berbasis Windows Pertama Di Dunia

Samdysara Saragih
Selasa, 21 Oktober 2014 | 22:00 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Blue Bird, penyedia layanan angkutan taksi, meluncurkan Interactive Taxi Entertainment (ITE) pertama di dunia bekerja sama dengan raksasa komputer Microsoft, Acer, Intel, dan NEC.

Presiden Direktur Blue Bird Noni Purnomo mengatakan ITE merupakan medium interaksi bagi penumpang untuk mencari hiburan si saat menaiki taksi.

“Layanan ITE yang didukung oleh operasi sistem Microsoft Windows adalah salah satu bentuk usaha kami dalam memperkaya pengalaman penumpang,” kata dia di Jakarta, Selasa (21/10/2014) siang.

ITE merupakan layanan hiburan di dalam perangkat tablet yang “dicantolkan” di kursi penumpang taksi. Tablet tersebut merupakan produk dari Acer berbasis sistem operasi Windows 8.1 dari Microsoft dan konten hiburan dari NEC yang terkoneksi jaringan 3G.

Pada kesempatan yang sama, Lucky Gani, Kepala Portofolio Bisnis Windows Microsoft Indonesia, mengatakan layanan gratis tersebut juga bisa menjadi sumber pemasukan tambahan bagi Blue Bird melalui iklan virtual.

“Ini merupakan ITE pertama dalam angkutan taksi di dunia. Kami ingin membawa pengalaman Blue Bird ke tingkat internasional,” ujarnya. Sebelumnya, tambahnya, Microsot meluncurkan layanan hiburan interaktif di moda transportasi udara.

Tahap awal 3.000 taksi

Menurut Lucky ide layanan ini muncul karena melihat karakteristik orang Indonesia yang menyukai hiburan dan berinteraksi. Apalagi, lanjut dia, kemacetan kota besar seperti Jakarta membuat penumpang dapat mengisi waktu luangnya.

Sigit Pradana, Manajer Teknologi Informasi Blue Bird, mengatakan pada tahap awal ITE diberlakukan di 3.000 armada taksi di Jakarta. Layanan tersebut juga dikostumisasi sesuai dengan karakteristik taksi yang dimiliki Blue Bird.

Perangkat tablet yang digunakan untuk ITE adalah Acer Iconia W4 yang diperkuat oleh prosesor Intel Atom Z3740 Bay Trail quad core 1,8 GHz. Layarnya berukuran 8 inci dengan teknologi zero air gap yang diklaim dapat menghilangkan refleksi cahaya saat disinari terik Matahari.

Saat ini fitur yang disediakan ITE adalah musik, film, video. Ke depan, layanan tersebut akan dilengkapi dengan game, GPS, dan pembayaran digital (e-paynment).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper