Lenovo Targetkan Kuasai Pasar Notebook & PC di Indonesia

Ria Indhryani
Selasa, 6 Mei 2014 | 17:04 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG--PT Lenovo Indonesia menargetkan dapat menjadi produsen atau vendor nomor satu yang mencatat penjualan produk notebook dan juga personal computer (PC) terbesar di Indonesia sepanjang 2014.

Senior Product Specialist Lenovo Indonesia Hero Chandra mengatakan Lenovo memiliki pangsa dan juga pencapaian pasar yang berbeda-beda disetiap produknya, dimana pasar utama di Indonesia saat ini yang dikuasai Lenovo adalah pasar produk PC dan juga notebook.

"Untuk produk PC, pada 2013 lalu Lenovo sudah tercatat sebagai produsen nomor satu di Indonesia dengan menguasai sekitar 30% dari pangsa pasar yang secara keseluruhan mencapai sekitar 4.2 juta unit setiap tahunnya," katanya, Selasa (6/5/2014).

Menurutnya, dengan perkiraan pangsa pasar PC di Indonesia yang naik menjadi sekitar 4,5 juta unit pada 2014 ini, maka perusahaan berharap tetap menjadi nomor satu pada produk ini.

Sementara itu untuk pangsa pasar produk notebook, pada 2013 lalu Lenovo masih menduduki peringkat ketiga di pangsa pasar Indonesia dengan market share sekitar 18% dari total penjualan produk yang mencapai 3,2 juta unit.

Dia mengatakan pada tahun ini IDC menargetkan pasar produk notebook di Indonesia dapat meningkat menjadi 3,5 juta unit dan berharap Lenovo dapat meningkatkan pangsa pasarnya atau minimal sama dengan tahun lalu.

"Meskipun pangsa pasar Lenovo selama 2013 sudah jauh naik dibandingkan tahun 2012, tetapi saat ini kami masih berada di bawah dua vendor lainnya. Kami berharap dapat meningkatkan target pasar dan menjadi yang teratas."

Hero mengatakan pihaknya tidak khawatir akan pangsa pasar produk notebook dan PC yang dikatakan akan mengalami penurunan karena beralih kepada produk smartphone dan juga tablet.

Meskipun pasar PC dan notebook di Indonesia menunjukan tren penurunan, tetapi Lenovo selalu menghadirkan pengembangan produk sesuai yang diinginkan pasar.

Menurutnya, penurunan tren tersebut membuat para vendor pesaing mulai beralih mengembangkan produk sesuai tren pasar.

"Hal ini akhirnya menjadi peluang bagi Lenovo untuk memanfaatkannya dengan terus berinovasi dan masih fokus bermain di pangsa pasar produk tersebut. Namun, kami juga perlahan ikut mengembangkan smartphone."

Sejauh ini produk PC dan notebook yang dikembangkan Lenovo masih pada semua segmen dari harga Rp3 juta-Rp10 juta, dimana produk premium masih terus diminati oleh pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ria Indhryani
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper