Media Berperan Penting Promosikan Pariwisata

Rahmayulis Saleh
Kamis, 19 Desember 2013 | 14:03 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peran media dalam mempromosikan pariwisata Indonesia sangat penting. Berita-berita yang ditulis wartawan berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Buktinya, kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, angka kunjungan wisatawan mancanegara naik hampir 100% dalam 10 tahun terakhir.

"Saat ini angka kunjungan wisman berkisar 8,6 juta orang. Kami menargetkan bisa menembus angka 10 juta sampai dengan akhir tahun ini," katanya saat membuka acara Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2013 di Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Sapta berharap APWI bisa merangsang wartawan dan media untuk menulis lebih banyak lagi mengenai pawisata di Indonesia. APWI 2013 diberikan kepada jurnalis dari media cetak, elektronik, TV dan online. Tahun ini merupakan yang ke-11 kalinya.

"Ini merupakan bentuk apresiasi Kemenparekraf terhadap insan pers, yang dinilai banyak berperan dalam meningkatkan kemajuan kepawisataan nasional," ungkapnya.

Menurut Sapta, pers merupakan salah satu pilar pembangunan bangsa, termasuk pembangunan di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

"Sudut pandang dalam penulisan berita atau artikel mengenai pariwisata, bisa beraneka ragam. Hal ini terkait dengan beragamnya produk pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan Miangas hingga Pulau Rote," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper