Telkomsel siap hadapi lonjakan trafik data 182%

Lingga Sukatma Wiangga
Selasa, 23 Agustus 2011 | 19:49 WIB
Bagikan

JAKARTA: PT Telkomsel menyiapkan jaringannya untuk menghadapi musim mudik Lebaran di tengah pertumbuhan lalu lintas data hingga 182% saat ini dibandingkan dengan tahun lalu.

 

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengungkapkan adanya tren peningkatan layanan data tersebut secara otomatis meningkatkan pengguna Telkomsel Flash, BlackBerry dan layanan GPRS pada ponsel pintar.

 

“Pada musim Lebaran seperti saat ini pelanggan akan banyak mengirimkan atau pun menerima video dan gambar yang menghabiskan bandwidth,” katanya di sela-sela buka bersama jajaran direksi Grup Telkom hari ini.

 

Secara nasional Telkomsel memiliki 7.000 unit BTS (base transceiver station) 3G yang diklaim membuat nyaman pelanggannya selama di kampung halaman yang diperkirakan 40% berbasis GPRS.

 

Khusus layanan BlackBerry, lanjut Sarwoto, kapasitasnya ditingkatkan menjadi 2,8 GB untuk melayani 2,4 juta pelanggan gadget produk Research in Motion (RIM) tersebut.

 

Jumlah Mobile Switching Center (MSC) Telkomsel berjumlah 292 unit, atau ada peningkatan 23 unit dibandingkan dengan tahun lalu. Telkomsel juga meningkatkan kapasitas VLR (visitor location register) sejumlah 185 juta pelanggan, atau naik dari tahun lalus ebanyak 133 juta pelanggan.

 

VLR adalah alat untuk mendeteksi seberapa aktif pelanggannya. VLR Telkomsel memiliki kapasitas kelonggaran daya tampung jaringan Telkomsel naik 35%-40%. anak usaha Telkom tersebut juga meningkatkan kapasitas SMS-nya menjadi 83.000 SMS per detik, naik 20% dari hari normal.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper