Profil Bos Garena dan Shopee yang Diduga Fasilitasi Jet Pribadi Kaesang-Erina

Rika Anggraeni
Rabu, 28 Agustus 2024 | 15:17 WIB
Taipan asal Singapura sekaligus salah satu pendiri Sea Limited, Gang Ye - Dok. Sea Limited.
Taipan asal Singapura sekaligus salah satu pendiri Sea Limited, Gang Ye - Dok. Sea Limited.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Taipan asal Singapura sekaligus pendiri Sea Limited, Gang Ye, diduga memfasilitasi jet pribadi untuk Kaesang Pangarep dan Erina Gundono saat berpergian ke Amerika Serikat (AS). Sea Limited sendiri merupakan induk dari perusahaan e-commerce Shopee dan gim populer Garena, seperti Free Fire (FF).

Dugaan tersebut berawal dari jendela pesawat yang diunggah Erina di Instagram pribadinya. Foto itu kemudian menjadi ‘bekal’ warganet untuk menelusuri moda transportasi yang digunakan anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), di saat masyarakat Indonesia melakukan aksi demonstrasi menolak RUU Pilkada pada Kamis (22/8/2024).

Bak detektif, warganet mengumpulkan satu per satu teka-teki pesawat yang digunakan Erina—Kaesang yang diduga adalah pesawat jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER.

Berdasarkan laman resmi Federal Aviation Administration (FAA), terungkap bahwa pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream GLF6 G650ER adalah Garena Online Private Ltd. Menariknya, pesawat jet pribadi tersebut sering parkir dan berwara-wiri di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Solo.

Warganet kembali mengulik bahwa perusahaan pemilik jet pribadi yang ditumpangi Erina—Kaesang itu juga satu grup dengan perusahaan sponsor salah satu klub bola di Solo, yakni gim Free Fire yang sempat terancam diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Lantas, siapa sebenarnya sosok taipan asal Singapura, Gang Ye yang diduga memberikan fasilitas mewah jet pribadi ke Kaesang dan Erina?

Mengutip dari Forbes, Rabu (28/8/2024), Gang Ye memiliki kekayaan bersih senilai US$3,2 miliar atau sekitar Rp49,51 triliun (asumsi kurs Rp15.472 per dolar AS). Kekayaan bersihnya turun 0,49%. Meski demikian, Gang Ye masuk ke daftar miliarder versi Forbes di urutan ke-1.059 pada Rabu (28/8/2024) pukul 14.20 WIB.

Di sana terungkap pula bahwa Gang Ye menjadi salah satu pendiri perusahaan gim online dan e-commerce, Sea, dengan Forrest Li dan David Chen.

Sejak 2017, Geng Ye telah menjadi Chief Operating Officer (COO) Grup. Adapun sebelumnya, dia menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) Grup.

Didukung oleh Tencent, yang memiliki saham yang cukup besar, Sea juga menarik investor lain seperti perusahaan ekuitas swasta General Atlantic dan putra miliarder Malaysia Robert Kuok Kuok Khoon Hua.

Sea membukukan laba bersih tahunan pertamanya sebesar US$163 juta pada 2023. Lebih lanjut, Sea telah meluncurkan layanan perbankan digital di Singapura, Filipina, termasuk di Indonesia, yakni Seabank yang terafiliasi Shopee.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper