Konsisten, Piala Presiden Esports 2023 Tetap Cari Talenta Muda dan Kembangkan Gim Lokal

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 7 Oktober 2023 | 14:57 WIB
Piala Presiden Esports 2023 memiliki misi merangkul talenta muda di bidang animasi, broadcasting, dan pengembangan gim lokal.
Piala Presiden Esports 2023 memiliki misi merangkul talenta muda di bidang animasi, broadcasting, dan pengembangan gim lokal.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2023 dalam lima tahun penyelenggaraanya, tidak hanya menjaring talenta baru tetapi juga menunjukkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia mampu buat menggelar turnamen dengan skala yang sangat besar.

Piala Presiden Esports 2023 memiliki misi merangkul talenta muda di bidang animasi, broadcasting, dan pengembangan gim lokal.

Demi tercapainya misi tersebut, Kantor Staf Presiden RI (KSP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek), dan KINCIR mengadakan Esports Next serta kunjungan kinetik ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciomas.

Agung Hardjono selaku Tenaga Ahli Utama Bidang Olahraga dan Pemuda Kantor Staf Presiden Republik Indonesia menyatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia siap untuk mendukung perkembangan industri esports di Indonesia.

“Esports merupakan salah satu industri yang memiliki perkembangan paling pesat di Indonesia, lewat berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh atlet esports Indonesia. Pemerintah Republik Indonesia terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industri esports dan gim nasional, agar berdampak positif dan added-value bagi bonus demografis Indonesia. Untuk itu melalui Piala Presiden Esports 2023, dukungan untuk SMKN 1 Ciomas dapat menambah potensi siswa-siswi untuk meraih masa depan gemilang, baik dalam sektor kreatif maupun profesi lainnya yang berkaitan dengan industri esports dan gim. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden terhadap revitalisasi vokasi serta pengembangan SDM untuk link-and-match industri, ” paparnya.

Dalam diskusi terbuka bersama murid dan guru SMKN 1 Ciomas, KSP, Kemendikbudristek, dan KINCIR, sebagai penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, merumuskan dukungan berkelanjutan kepada guru maupun staf pengajar di SMKN 1 Ciomas, demi meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Ciomas. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah pemberian sejumlah laptop dan perangkat pendukung untuk jurusan PPLG dengan total senilai Rp100.000.000

Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI,  Wardani Sugiyanto, mengapresiasi penyelenggaraan Esports Next di SMKN 1 Ciomas. Menurut Wardani, industri gim dan e-sport  tak hanya menjadi sarana kreasi, tetapi juga bisa menjadi jalan siswa untuk mengembangkan karier di masa depan.

“Supaya tujuan tersebut bisa tercapai tentunya perlu dukungan baik secara infrastruktur maupun materi pelatihan. Harapannya dukungan yang disampaikan bisa mendorong siswa-siswi SMKN 1 Ciomas untuk berkarya dan kelak siap menjadi SDM unggul serta berprestasi,” ujar Wardani.

Selaras dengan keduanya, Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2023, Agung Rusmana memaparkan jika industri esports tidak hanya berkutat di sekitaran pemain dan pelatih saja. Terdapat banyak sekali profesi yang bisa digeluti oleh siswa-siswi, untuk mengembangkan potensinya.

“Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2019, Piala Presiden Esports secara konsisten mencetak talenta berprestasi. Dalam perjalanannya, kami melihat jika kontribusi dalam industri esports, tidak melulu dilakukan sebagai pemain atau pelatih. Piala Presiden Esports hadir sebagai bukti bahwa SDM kita mampu menghelat sebuah suguhan hiburan esports megah, dari dan untuk negeri. Lewat Esports Next kami melihat banyak sekali talenta baru yang kelak mewarnai industri gim dan esports, lewat bidang pengembang gim, broadcasting, dan animasi,” kata Agung Rusmana.

SMKN 1 Ciomas merupakan salah satu sekolah kejuruan unggul yang terletak Bogor, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 2007, SMKN Ciomas memiliki beberapa program unggulan yang berkaitan dengan potensi profesi yang ada di industri esports tanah air. Misalnya program keahlian animasi, produksi dan siaran program televisi, serta pengembangan perangkat lunak dan gim.

Program pengembangan perangkat lunak dan gim (PPLG) sendiri baru digagas oleh SMKN 1 Ciomas kurang lebih dua tahun yang lalu. Jurusan ini mempelajari pengembangan software meliputi pembuatan, pemeliharaan, hingga manajemen kualitas. Selain itu, para siswa-siswi yang memilih jurusan ini juga mendapatkan pelajaran tentang berbagai bahasa pemrograman. Diharapkan, lulusan jurusan PPLG mampu melahirkan sumber daya yang terampil di bidang teknologi, termasuk dalam industri gim lokal yang kini tengah berkembang.

Terkait kunjungan kinetik ini, Mahdi yang menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Ciomas memberikan apresiasi atas kunjungan dan dukungan dari KSP dan Kemendikbudristek. “Kami dari SMKN 1 Ciomas sangat mengapresiasi kunjungan rombongan KSP dan Kemendikbudristek di Esports Next kali ini. SMKN 1 Ciomas memiliki beberapa program ilustrasi, broadcasting, dan pengembangan game yang sangat berkaitan dengan ekosistem dan industri esports. Lewat dukungan yang KSP dan Kemendikbudristek berikan, kami berharap jika siswa-siswi alumni SMKN 1 Ciomas tidak hanya bisa berpartisipasi, tetapi juga harus berkontribusi dalam ekosistem maupun industri esports tanah air,” ungkapnya.

Frishla Mey selaku Lead 3D Division Anantarupa, pengembang gim Lokapala menyambut positif upaya dari Piala Presiden Esports 2023 yang mengunjungi SMKN 1 Ciomas. Ia berharap jika kedepannya generasi muda bisa turut berpartisipasi dalam pengembangan gim lokal.

“Anantarupa sangat bangga bisa kembali bekerja sama dengan Pemerintah, Kementerian, dan Lembaga Republik Indonesia, dengan turut hadir di Piala Presiden Esports 2023. Kami juga menyambut antusias setiap pertanyaan yang masuk dari siswa-siswi selama Esports Next, apalagi Anantarupa juga memiliki banyak program buat peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan. Harapannya generasi muda yang terdiri dari siswa-siswi sekolah menengah, bisa turut berpartisipasi dalam pengembangan gim lokal karya anak bangsa,” ucap Frishla Mey.

Senada dengan Frishla, I Kadek Widia Ariawan S.Ds selaku Co-Executive 2D Art Director Battle of Guardians melihat jika berbagai program yang ada di SMKN 1 Ciomas berpotensi buat mencetak talenta yang dapat mengembangkan potensi gim lokal di masa depan.

“Batle of Guardians sebagai salah satu gim lokal yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023, mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan partisipasi siswa-siswi SMKN 1 Ciomas yang hadir pada hari ini. Kami bersama Miracle Gates Entertainment juga sangat senang melihat program di SMKN 1 Ciomas. Sejalan dengan adanya Miracle Academy yang menjadi salah satu pilar utama Miracle Gates demi mengembangkan industri gim lokal, pastinya bisa terus mendidik generasi muda yang ingin berkecimpung di industri gim lokal. Melalui kunjungan ini, kami juga ingin mengenalkan bahwasannya gim lokal adalah salah satu potensi pekerjaan pekerjaan di masa depan yang bisa digeluti oleh generasi muda"

Turnamen Piala Presiden Esports 2023 akan segera memasuki babak main event, yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat. Puncak acara dari turnamen ini akan dihelat pada 21-22 Oktober 2023 yang tidak hanya memberikan pertandingan sengit, tetapi juga berbagai pertunjukan entertainment mulai band performance hingga celebrity fun match.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper