Ini Tiga Tahapan Penting untuk Wujudkan Bangunan Zero Carbon

Andhika Anggoro Wening
Kamis, 3 Agustus 2023 | 18:15 WIB
Ini Tiga Tahapan Penting untuk Wujudkan Bangunan Zero Carbon
Ini Tiga Tahapan Penting untuk Wujudkan Bangunan Zero Carbon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mencanangkan komitmen untuk dapat mencapai target net-zero emission pada 2060 dan menaikkan target Enhanced Nationally Determined Contribution (E-NDC) menjadi 32% atau setara 912 juta ton CO2 pada 2030, dari sebelumnya 29%.

Komitmen mencapai target net-zero emission pada 2060 perlu didukung seperti mendekarbonisasi bangunan karena menyumbang 37% dari emisi karbon global.

Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste mengatakan, “Kami merangkum tiga tahapan penting yang menjadi fondasi dalam mewujudkan bangunan zero carbon, yaitu Strategize, Digitize dan Decarbonize. Ketiga tahapan ini menjadi satu rangkaian yang tak terpisahkan untuk menghasilkan dampak yang maksimal.”

Strategize merupakan fondasi dasar dalam mendefinisikan kesuksesan dan menciptakan roadmap menuju target emisi nol bersih.

Terdapat beberapa langkah untuk memastikan kesuksesan pada tahap ini seperti melakukan pengukuran baseline data emisi karbon di seluruh portofolio bangunan untuk mendapatkan analisa akurat dari mana kita harus memulai dan mempelajari semua opsi solusi dekarbonisasi, skema pembiayaan yang ada dan memodelkan dampaknya terhadap pertumbuhan bisnis dan proyeksi pencapaian dekarbonisasi.

Digitize merupakan langkah penting berikutnya. Perusahaan memerlukan visibilitas yang berkelanjutan atas konsumsi energi dan emisi karbon untuk memperkirakan dan memvalidasi dampak dari upaya pengurangan karbonnya, mengidentifikasi anomali kinerja dan memastikan perusahaan berada dalam jalur yang tepat untuk mencapai tujuan dekarbonisasinya.

Teknologi digital seperti EcoStruxure™ Resource Advisor dapat membantu manajemen bangunan mengelola kompleksitas integrasi data dari berbagai sumber, lokasi dan pemangku kepentingan; memberikan analisa dan rekomendasi yang dibutuhkan untuk pembuatan keputusan, dan membuat sistem pelaporan terpusat untuk pengukuran data emisi secara otomatis dan real time dari ribuan lokasi.

Sistem pengukur PowerLogic™ dengan pemantauan jarak jauh melalui EcoStruxure™ Power Monitoring Expert memungkinkan manajemen bangunan mengetahui di mana harus mengambil tindakan, mengidentifikasi masalah kualitas daya, dan menganalisis konsumsi energi berdasarkan jenis beban untuk fasilitas yang kritis dan intensif terhadap energi.

Decarbonize – Dua tahapan pertama digunakan untuk mempelajari dan mendapatkan wawasan yang dibutuhkan. Tahapan ketiga ini merupakan tindakan nyata yang diambil untuk mengurangi emisi, mendorong efisiensi dan ketahanan sumber daya, dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Beberapa solusi yang tersedia seperti sistem manajemen gedung (BMS) yang terbuka dan cerdas, seperti EcoStruxure Building Operation menyediakan integrasi, visibilitas, dan data terintegrasi untuk mengelola HVAC, daya, pencahayaan, keamanan, keselamatan kebakaran, jaringan mikro, stasiun pengisian daya kendaraan listrik (EV), dan sumber energi terbarukan.

EcoStruxure Building Advisor membantu mengoptimalkan kinerja peralatan melalui pemeliharaan prediktif untuk membantu mencegah penurunan kinerja, mengidentifikasi kesalahan dan secara proaktif memberikan wawasan penting tentang peralatan HVAC dan efisiensi sistem, serta mendeteksi masalah kritikal sebelum terjadi kegagalan.

"Kami juga ingin mengajak sebanyak-banyaknya pemangku kepentingan baik swasta dan publik untuk bergabung menjadi Green Heroes for Life (GHfL) dengan membangun supporting ecosystem yang mempermudah dimulainya perjalanan sustainability dengan aksi iklim yang terencana dan terukur. Salah satunya dengan edukasi memberikan tips praktis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kami,” tutup Roberto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper