Rebranding Twitter, Elon Musk Mau Ganti Logo Burung Biru Jadi X

Lydia Tesaloni Mangunsong
Senin, 24 Juli 2023 | 10:27 WIB
Cara menambah followers Twitter/Freepik
Cara menambah followers Twitter/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bos Twitter, Elon Musk mengabarkan akan mengarahkan situs X.com ke Twitter.com. Sejalan dengan itu, Musk juga akan menghapus logo burung biru khas Twitter dan menggantinya dengan logo X.

X.com sekarang mengarah ke twitter.com. Logo sementara X ditayangkan hari ini.” Demikian tulis Musk dalam unggahan di akun Twitternya, Senin (24/7/2023).

Namun, hingga berita ini ditayangkan, perubahan yang disebutkan Musk terlihat belum terjadi pada logo Twitter.

Sebelumnya, Musk telah mengunggah sejumlah sinyal yang cukup jelas untuk perubahan logo media sosial yang baru diakuisisinya akhir tahun lalu itu. Melalui platform yang sama, Musk mengatakan akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merk Twitter dan “seluruh burung biru”.

Di kesempatan lain, Musk masuk ke sebuah sesi Twitter Space dan mengatakan bahwa logo Twitter sudah dicopot dari gedung perusahaan.

Melansir dari The Verge, Senin (24/7/2023), Musk telah menginformasikan seluruh karyawan tentang perubahan Twitter menjadi X lewat sebuah email.

Dari unggahan Threads seorang editor pelaksana platform Twitter, perubahan yang disebutkan dalam email mengacu pada logo sebab perusahaan Twitter memang sudah berubah menjadi X Corp.

Rebranding Twitter ditegaskan oleh Musk dengan imbauan bahwa pesan kepada karyawan tersebut menjadi kali terakhir dia mengirim email dari alamat Twitter.

CEO baru Twitter, Linda Yaccarino, turut buka suara soal rebranding Twitter ini. Menurutnya, langkah ini menjadi kesempatan kedua untuk membuat kesan besar bagi Twitter.

“Ini adalah hal yang sangat langka, dalam hidup atau dalam bisnis, bahwa anda mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan besar lain. Twitter membuat satu kesan besar dan mengubah cara kita berkomunikasi. Sekarang, X akan melangkah lebih jauh, mengubah alun-alun kota global." Demikian tertulis di unggahan melalui akun Twitter pribadinya.

Perubahan citra Twitter mungkin berdampak pada perspektif pengguna. Basis pengguna lama Twitter yang sangat loyal akan merasa asing dengan perubahan signifikan di platform yang sudah lama digunakannya.

"Di satu sisi, anda dapat berargumen Musk akan menyingkirkan merek ikonik. Di sisi lain, dia mengumumkan bahwa ini adalah hari baru untuk Twitter lama dan perusahaan sedang menuju ke arah yang berbeda dengan basis pengguna yang berbeda,” komentar seorang peneliti melansir dari Reuters, Senin (24/7/2023).

Hingga saat ini, Musk juga belum mengumumkan informasi lebih lanjut soal logo baru Twitter. Namun, dia menyematkan logo berbentuk X warna putih buatan seorang pengguna Twitter di akun Twitter pribadinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper