Daftar Brand Penyedia Charging Station Kendaraaan Listik di Indonesia

Arlina Laras
Kamis, 1 Juni 2023 | 14:07 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik. /Freepik
Ilustrasi kendaraan listrik. /Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, tren kendaraan lustrik telah mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia. 

Masyarakat semakin tertarik untuk beralih, lantaran dianggap lebih ramah lingkungan, efisien, dan hemat energi. 

Menyadari kebutuhan akan infrastruktur pengisian daya yang memadai, beberapa penyedia EV charging station telah hadir di Indonesia.

Selain PLN, sejumlah brand terkemuka telah merespons permintaan ini dengan membangun jaringan stasiun pengisian daya yang mudah diakses oleh pengguna mobil listrik.

Lantas, siapa saja brand yang telah memasuki pasar Indonesia? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Starvo 

PT Starvo Global Energy yang membawahi Starvo Indonesia, menjadi perusahaan swasta pertama yang memiliki 50 stasiun pengisian baterai (EV Charging) untuk kendaraan listrik. Mulai dari, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali.

Sebagai perusahaan yang berdiri sejak 2019, Starvo telah bermitra dengan produsen kendaraan, pemilik SPKLU, pusat perbelanjaan, operator kendaraan umum, perusahaan logistik, hotel, perkantoran, dan developer perumahan. 

Starvo EV Charging dapat digunakan oleh berbagai jenis mobil listrik terkemuka, termasuk Tesla, BMW, Hyundai, Kia, Wuling, Mercedes-Benz, dan Toyota.

2. PLN

Sebagai perusahaan BUMN, PLN (Persero) terus mengembangkan  ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dengan menyiapkan suplai 1.500 titik charging station. 

Melansir dari situs resmi, tambahan charging station sudah tersbar di fasilitas umum, rumah ibadah, dan beberapa cabang restoran cepat saji ini diperuntukan bagi kendaraan listrik roda dua atau motor listrik Greentech keluaran PT KKBrothers Baterai Inovasi serta pemilik kendaraan listrik roda dua secara umum.

Per Maret 2023, saat ini di Jakarta telah tersedia 29 titik lokasi SPKLU dengan 41 unit charger. Kemudian terdapat 245 lokasi SPBKLU dengan 290 kabinet milik berbagai macam ekosistem EV.  Sedangkan untuk SPKLU Bis Listrik ada 2 lokasi dengan 11 unit charger. PLN juga telah menyuplai 580 home charging.

3. Casion

Jenama electric vehicle charging station terbaru di Indonesia, Casion resmi menggandeng perusahaan teknologi terkemuka ABB dalam menghadirkan stasiun pengisian daya kendaraan listrik terbaru mereka di pusat perbelanjaan Cilandak Town Square (Citos) dan Talavera Office Park, Jakarta 

Hingga akhir tahun ada 30 unit tempat pengisian baterai di Jabodetabek yang berada di area gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan, serta anya dua titik yang bekerja sama dengan PLN. 

Pada pertengahan Juni 2023, Casion bisa digunakan gratis oleh para pemilik kendaraan listrik atau jenis PHEV. 

Casion berkomitmen untuk menyediakan EV charging station di berbagai lokasi strategis demi memudahkan masyarakat mengakses EV charging, tidak hanya untuk kendaraan listrik tetapi juga hybrid.

Sehingga, pemilik EV tidak perlu khawatir dengan keberadaan EV charging station yang sebelumnya cukup langka di kawasan Jabodetabek.

Casion dan  Porsche Indonesia sendiri baru saja bekerja sama pada tanggal 26 mei 2023 saat peluncuran salah satu charging site berlokasi Cilandak Town Square, yang menghadirkan all electric sports car, Porsche Taycan dan Cayenne PHEV,

“Porsche Indonesia mendukung komitmen Casion untuk pengadaaan infrastruktur charging di Indonesia. Kerjasama yang terbentuk tertuang pada kehadiran Porsche Taycan pada saat event peluncuran. Kerjasama antara Porsche dan Casion terbatas pada saat peluncuran charging station Casion 26 mei 2023 yang berlokasi di Cilandak Town Square” ujar Valencia Maximillian PR Porsche Indonesia.

"Casion ingin semua masyarakat dapat mengakses charging station lebih mudah. Terlebih, EV charging yang kami tawarkan memiliki standar terbaik dunia dan dapat digunakan untuk mengisi daya berbagai jenis EV, salah satunya adalah mobil-mobil hybrid,” ungkap CEO Casion, Kevin Pudjiadi.

Casion sendiri telah menempatkan charging station di beberapa lokasi strategis di Jakarta seperti di Cilandak Town Square dan Talavera Office Park. Selain memperluas jaringan EV charging station, Casion juga akan merilis aplikasi khusus di Android dan iOS. Di mana, aplikasi ini dapat digunakan para pengguna EV untuk mencari lokasi charger Casion terdekat, memonitor status pengisian daya, dan melakukan pembayaran via e-wallet.

4. Astra Otopower

Astra Otopower, jaringan pengisian daya Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) milik Astra Otoparts. 

Mengutip dari situs resmi perusahaan, ada tiga tipe mesin pengisian, mulai dari wall mount charging hingga mesin pengisian ultra-fast charging dengan tiga konektor. 

Per Desember 2022, ada enam gerai yang kini menyediakan layanan Astra Otopower yaitu Astra Otoservice Kelapa Gading, Galaxy-Bekasi, Cibubur, Fatmawati, Serpong, dan Meruya.

Gerai-gerai tersebut dapat melayani berbagai merek mobil listrik yang ada di Indonesia.

5. Green Energy Station

Saat ini Pertamina sudah mengembangkan teknologi dan inovasi terbarukan,yang memanfaatkan energi listrik yaitu membuat pengisian energi kendaraan listrik yang diberi nama Green Energy Station (GES)

Melansir dari situs perusahaan, GES sendiri terdiri dari 3 konsep utama yaitu konsep Green yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU, kedua Konsep Future yang memiliki EV Charging Station, dan yang ketiga Konsep Digital dimana pembayaran di SPBU cashless dengan MyPertamina serta dilengkapi dengan self-service. 

Beberapa kendaraan yang dapat diisi bahan bakarnya adalah merk BMW, Mitsubishi, Toyota, dan Gesits. 

6. Shell Recharge

Shell menyediakan layanan Shell Recharge yang merupakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di SPBU Shell Pluit Selatan1 (Jakarta Utara), SPBU Shell Antasari1 (Jakarta Selatan) dan SPBU Shell Jagorawi KM 21 (Bogor) dan Mal Pacific Place. 

Secara global, Shell telah menetapkan target untuk mengoperasikan lebih dari 500.000 titik pengisian daya pada 2025. 

Saat ini, Shell secara global telah mengoperasikan sekitar 90.000 titik pengisian daya untuk mobil listrik di area perumahan, area bisnis, SPBU Shell dan destinasi tujuan.

7. Medco (Electric Vehicle Ecosystem)

PT Medco Power Indonesia (MPI) resmi masuk ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) dengan meluncurkan Program Electric Vehicle Ecosystem

Sebagai langkah awal, anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) itu telah membangun satu unit charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Energy Building, Jakarta yang berlokasi di Gedung Energy Kawasan SCBD.

Pada Juni dan Desember 2020 lalu MPI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PLN dan Grab untuk mengembangkan potensi bisnis SPKLU.

8. EVLink

Melansir dari Bisnis, Schneider Electric memperkenalkan produk EVLink sebagai penunjang kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper