Ini Daftar Aksi Hacker Bjorka, Bobol Data SIM Card hingga Jokowi

Khadijah Shahnaz
Senin, 12 September 2022 | 11:17 WIB
Ilustrasi hacker Bjorka. /youtube
Ilustrasi hacker Bjorka. /youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rentetan aksi peretas atau hacker bernama akun Bjorka mendapat sorotan publik dalam sepekan terakhir di Indonesia.

Bjorka telah melakukan serangan siber terhadap lembaga pemerintahan, perusahaan pelat merah, hingga pejabat negara seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bjorka merupakan akun yang telah membocorkan data Indihome, data registrasi SIM card hingga data pelanggan MyPertamina.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, aksi Bjorka ini selalu muncul di forum hacker BreachForums yang membocorkan data dari lembaga pemerintah atau lembaga plat merah di Indonesia.

Ini Daftar Aksi Hacker Bjorka di Indonesia

1. Data IndiHome

Sebanyak 26 juta data pelanggan IndiHome bocor dan masuk situs gelap dengan beragam data berisikan histori browsing antara lain tanggal, kata kunci, domain, platform, browser, URL, kata kunci di Google dan lokasi. Peretas mengaku mendapatkan data-data tersebut dari peretasan pada Agustus 2022.

2. Data SIM Card

Sebanyak 1,3 miliar dengan kapasitas 87GB data registari SIM Card diduga dibocorkan oleh Bjorka pada 31 Agustus 2022. Bjorka juga menyertakan sampel data sebanyak 2GB. Adapun data tersebut dihargai senilai US$50.000 atau setara Rp743,5 juta.

3. Data Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Belum lama ini, Bjorka juga membocorkan sejumlah data yang diduga milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tepatnya pada Rabu (7/9/2022) unggahan berjudul Indonesia Citizenship Database From KPU 105M muncul di situs BreachForum.

Bjorka mengeklaim memiliki 105.003.428 juta data penduduk Indonesia dengan detail mulai dari NIK, Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, umur, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper