Collega Ungkap 3 Pilar Transformasi Digital, dari Talenta Digital hingga Teknologi

Rika Anggraeni
Sabtu, 3 September 2022 | 04:09 WIB
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Divisi Presales & Business Development PT Collega Inti Pratama Tatang Mutaqim mengungkapkan talenta digital atau people menjadi salah satu pilar dalam transformasi digital guna pengembangan sistem perusahaan.

Anak usaha PT Sigma Cipta Caraka atau Telkom Sigma ini tercatat memiliki pegawai lebih dari 395 orang. Banyaknya jumlah pegawai yang dimiliki Collega dimaksudkan untuk mendukung kebutuhan pelanggan yang merupakan bentuk komitmen perusahaan.

Tatang menyampaikan hampir 70 persen dari pegawai Collega merupakan generasi Y. Dari sana, Collega membentuk digital talent dengan mengubah mindset cara bekerja bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun tetap terukur.

“Bagaimana mengontrol orang yang bekerja secara remote? Ada kolaborasi tools-tools untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan tim secara online sehingga menjadi fokus kami adalah bagaimana mengembangkan digital talent,” ujar Tatang di acara Collega Customer Gathering 2022 bertajuk “Collega Mendukung Layanan Teknologi Digital Terkini untuk Meningkatkan Daya Saing yang Tinggi bagi Perbankan di Indonesia”, di Bogor, Kamis (1/9/2022).

Keberadaan digital talent menjadi bukti keseriusan Collega dalam menghadapi transformasi digital. Tatang menjelaskan Collega membuat organisasi khusus untuk pengembangan digital system supaya bisa bergerak lebih cepat dan lebih agile.

Selain itu, Collega juga menyiapkan proses yang merupakan pilar kedua perusahaan. Di organisasi digital ini, kata Tatang, pihaknya menerapkan proses metodologi yang menerapkan prinsip-prinsip agile. Dengan metodologi tersebut, itu sangat memungkinkan perusahaan untuk membentuk satu organisasi khusus guna mengembangkan dan mendukung digital transformasi.

Pilar selajutnya atau yang ketiga adalah teknologi. Dalam hal ini, Collega melihat kebutuhan customer atau pelanggan dengan melihat arahan dari Cetak Biru Transformsi Digital Perbankan OJK, di antaranya platform architecture, yakni tools untuk mempermudah pengemabangan sistem digital.

Lalu, ada digtal infrastructure & services, yakni dengan peneraoan ini sangat menungkinkan melakukan berbagai hal di satu wadah, serta emerging technology berupa penggunaan teknologi-teknologi baru.

Berdasarkan data per Agustus 2022, jumlah customer Collega telah mencapai lebih dari 30 customer atau insitusi, yang sebagian besar terdiri dari perbankan. Tak hanya itu, customer Collega juga terdiri dari lembaga keuangan nonbank, seperti Pegadaian dan beberapa asuransi. Collega juga telah menjangkau 22 kota dan 22 provinsi di Indonesia dengan melayani 30 klien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper