Pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Bio-Conversion di Cibubur Dimulai

Andhika Anggoro Wening
Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:03 WIB
Pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Bio-Conversion di Cibubur Dimulai
Pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Bio-Conversion di Cibubur Dimulai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas pengolahan sampah organik Bio-Conversion organik di Rest Area Cibubur Square dimulai.

Peletakan batu pertama ini sekaligus penanaman bibit pohon damar ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo, Seo Jeongsik, Kepala FFLI Hadi Pasaribu dan Agus Djoko Ismanto dari PT CUSI (Cipta Ulang Sumber Daya Indonesia) di lahan milik Rest Area Cibubur Square, Jakarta Timur.

Seo dalam kesempatan itu mengungkapkan harapannya agar program ini dapat berjalan lancar dan menunjukkan hasil yang terbaik. Sebab lewat program ramah lingkungan perusahaan berupaya untuk menjaga lingkungan sekitar, yang berarti secara langsung turut menjaga kelestarian bumi.

“Pembangunan fasilitas ini dilatarbelakangi oleh kenyataan, bahwa masih banyaknya limbah makanan yang tidak dikelola dengan baik. Sehingga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan manusia dan kelestarian alam,” ucap Seo dalam keterangan tertulis.

Limbah makanan yang dibiarkan menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat membahayakan bagi bumi, sehingga dibutuhkan solusi yang tepat untuk menangani masalah ini. Di TPA sampah makanan ini dalam kondisi anaerob karena tertumpuk atau tertutup sehingga menghasilkan gas metana yang dapat meningkatkan total emisi karbon. Gas metana memiliki efek puluhan kali lebih kuat daripada karbondioksida penyumbang terbesar efek rumah kaca penyebab pemanasan global dan perubahan iklim.

FFLI Hadi berharap, fasilitas pengolahan sampah organik Bio-Conversion organik di Rest Area Cibubur Square bisa rampung dan diresmikan pada akhir tahun mendatang, sehingga manfaatnya segera dirasakan oleh semua pihak, baik perusahaan, FFLI maupun warga sekitar.

Karena menariknya selain memanfaatkan sampah organik dari Rest Area Cibubur Square, warga sekitar rest area juga diperbolehkan ‘menyumbang’ sampah organiknya di fasilitas ini.

Selain membangun fasilitas pengolahan sampah organik Bio-Conversion organik BSF (Black Soldier Fly/ Lalat Tentara Hitam), nantinya di lahan yang sama juga akan dibangun kolam ikan lele dan kandang ayam. Maggot dari BSF akan menjadi pakan lele dan ayam yang diternak di Rest Area Cibubur Square sehingga akan membentuk skala ekonomi yang terintegrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper