Perhatian! East Ventures Siapkan Rp8 Triliun untuk Investasi Startup

Rio Sandy Pradana
Selasa, 10 Mei 2022 | 14:08 WIB
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - East Ventures bakal mengalokasikan dana investasi hingga US$550 juta atau setara dengan Rp8 triliun untuk pendanaan tahap awal dan lanjutan.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca optimistis dengan kondisi di Indonesia dengan tetap memperhatikan kondisi pasar global. Perusahaan telah berubah dari investor tahap awal menjadi investor multi-stage dan menjadi platform yang efisien dan kuat untuk mendukung entrepreneurship.

“Kami akan mengalokasikan US$150 juta untuk pendanaan tahap awal dan US$400 juta untuk pendanaan tahap lanjutan,” kata Willson dalam siaran pers, Selasa (10/5/2022).

Dia menuturkan East Ventures telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam portofolionya, dengan lebih dari 200+ portofolio dari tahap awal hingga tahap lanjutan. Adapun, perusahaan telah mengelola lebih dari U$1 miliar AUM dan mencatat dana lanjutan perusahaan portofolio sebesar US$6,7 miliar.

Perusahaan mencatat lebih dari US$86 miliar akan GMV tahunan secara agregat berdasarkan portofolionya. Perusahaan akan memastikan integrasi aspek-aspek keberlanjutan dalam setiap praktik bisnis dan penggunaan dana.

“Di saat Indonesia menavigasi dan telah bersahabat dengan era pasca pandemi, peningkatan adopsi digital telah mendorong kemajuan di berbagai sektor dalam ekosistem," ujarnya.

Menurutnya, Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di Asia Tenggara. Digitalisasi di Indonesia semakin kuat, dengan tingkat penetrasi internet sebesar 73,7 persen pada 2021 dan daya saing digital yang semakin merata di seluruh wilayah, ditunjukkan oleh peningkatan skor EV-DCI dari tahun 2020-2022.

Dia berpendapat langkah IPO dari beberapa perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang terjadi belakangan ini f sebuah tonggak penting dalam membuka jalan bagi startup lain di Indonesia untuk mengikutinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper