Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gerhana Bulan Blood Moon, Pertengahan Mei 2022

Robby Fathan
Senin, 9 Mei 2022 | 15:03 WIB
Ilustrasi/BMKG
Ilustrasi/BMKG
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gerhana bulan total ini akan terlihat di beberapa bagian Amerika, Antartika, Eropa, Afrika, Pasifik timur, Selandia Baru, Eropa timur dan Timur Tengah.

Gerhana bulan pertama tahun 2022 akan berlangsung pada 15 dan 16 Mei, tergantung pada zona waktu Anda.

Gerhana bulan total , yang terjadi saat bulan purnama bergerak ke dalam bayangan umbral Bumi yang dalam, akan terlihat dalam fase total dari bagian Amerika, Antartika, Eropa, Afrika, dan Pasifik timur. Sementara itu, gerhana penumbra, peristiwa yang muncul saat bulan berada dalam bayangan penumbra yang lebih terang dari planet kita, akan terlihat di Selandia Baru, Eropa Timur, dan Timur Tengah.

Sementara waktunya tergantung pada lokasi Anda, TimeandDate.com mengatakan gerhana sebagian dimulai 15 Mei pukul 22:28 EDT (0228 GMT pada 16 Mei). Bulan Darah akan mencapai puncaknya 16 Mei pukul 12:11 EDT (0411 GMT). Kemudian acara berakhir pada 01:55 EDT (0555 GMT). Perhatikan fase bulan penumbra gerhana akan dimulai sekitar satu jam lebih awal dan berakhir sekitar satu jam setelah gerhana sebagian.

Jika Anda berharap untuk memotret bulan, atau ingin mempersiapkan perlengkapan Anda untuk gerhana bulan total, lihat kamera terbaik kami untuk astrofotografi  dan  lensa terbaik untuk astrofotografi . Baca panduan kami tentang  cara memotret gerhana bulan , serta  cara memotret bulan  dengan kamera untuk beberapa tips bermanfaat untuk merencanakan sesi foto bulan Anda.

Ini akan menjadi yang pertama dari dua gerhana bulan pada tahun 2022. Yang berikutnya akan terjadi pada 8 November 2022 . Ini akan terlihat setidaknya sebagian dari Asia, Australia, Amerika Utara, sebagian Eropa utara dan timur, Kutub Utara dan sebagian besar Amerika Selatan, menurut TimeandDate.com.

2023 juga akan ada dua gerhana bulan. Yang pertama adalah 5 hingga 6 Mei 2023; itu adalah penumbra lain yang terlihat, setidaknya sebagian, dari Eropa selatan dan timur, Antartika, sebagian besar Asia, Australia, Afrika, serta lautan Pasifik, India, dan Atlantik.

Yang kedua akan menjadi gerhana parsial pada 28-29 Oktober terlihat setidaknya sebagian dari Eropa, Asia, Australia, Afrika, Amerika Utara, utara dan timur Amerika Selatan, Arktik, Antartika dan Pasifik, Atlantik dan Samudra Hindia.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari gerhana bulan 15 hingga 16 Mei.

Meskipun visibilitas gerhana tergantung pada wilayah Anda, timeanddate.com memiliki informasi tentang kapan gerhana dimulai dan berakhir secara global. Gerhana sebagian dimulai 15 Mei pukul 10:28 malam EDT (0228 GMT pada 16 Mei).

Blood Moon muncul ke permukaan pada 16 Mei pukul 12:11 EDT (0411 GMT). Semua fase gerhana berakhir 01:55 EDT (0555 GMT). (Jika Anda berada di wilayah gerhana penumbra, itu akan terjadi kira-kira satu jam lebih awal dan berakhir sekitar satu jam setelah gerhana sebagian.)

Kami juga memiliki beberapa streaming langsung acara tersebut di YouTube, yang disematkan di bawah. Yang pertama adalah NASA Science Live , yang dimulai pada 21:32 15 Mei (0132 GMT 16 Mei.) Ini akan mencakup diskusi tentang gerhana, ilmu bulan, dan program Artemis yang mendarat di bulan.

Layanan penyiaran astronomi Webcast Slooh dimulai pada 15 Mei pukul 21:30 EDT (16 Mei 0130 GMT). Anda harus mendengar dari penggemar astronomi tentang gerhana dan signifikansi budayanya. Slooh hanya berencana untuk menampilkan fase total secara publik, dengan gerhana sebagian tercakup dalam saluran Discord khusus anggota.

Ketika gerhana bulan total terjadi, ia melewati umbra atau bayangan dalam Bumi. Cahaya dari planet kita dibiaskan di sekitar tepi atmosfer dan jatuh ke permukaan bulan. Dari situlah rona merah berasal.

Sederhananya, Anda dapat membayangkan matahari terbenam dan matahari terbit di planet kita terpantul di permukaan bulan; karena langit terlihat lebih merah selama fase hari ini, itulah cara lain untuk menjelaskan mengapa warna Bulan Darah terjadi.

Selama Anda berada di lingkungan yang aman, tidak perlu khawatir melihat gerhana bulan. Tidak seperti gerhana matahari yang membutuhkan kacamata gerhana bersertifikat , gerhana bulan adalah peristiwa yang aman. Juga tidak seperti gerhana matahari, fase totalitas berlangsung lebih dari hanya beberapa menit.

Kami merekomendasikan untuk keluar setidaknya 20 menit sebelum gerhana dimulai, untuk menyesuaikan mata Anda dengan kegelapan. Peralatan seperti kamera, teleskop, dan teropong mungkin memerlukan beberapa jam untuk menyesuaikan dengan suhu dan kelembapan yang berbeda di luar, jadi bawalah peralatan tersebut sesegera mungkin untuk menghindari masalah embun.

Gerhana bulan terjadi ketika bulan masuk ke dalam bayangan bumi. Karena Bumi dan bulan memiliki orbit yang sedikit miring satu sama lain, ini biasanya terjadi beberapa kali dalam setahun ketika kemiringan orbit sejajar. Tergantung pada bagaimana itu terjadi, Anda mungkin mendapatkan gerhana penumbra, sebagian atau total.

Gerhana penumbra terjadi ketika bulan memasuki bayangan bumi yang lebih terang. Rasa gerhana ini terkadang sulit dilihat, karena bulan hanya akan tumbuh sedikit lebih gelap. Itu juga tidak akan berubah menjadi merah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper