Intip Rencana Besar Elon Musk untuk Twitter

Rahmi Yati
Senin, 9 Mei 2022 | 10:15 WIB
Elon Musk/istimewa
Elon Musk/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Elon Musk mempunyai sejumlah rencana besar untuk Twitter. Miliarder tersebut berencana meningkatkan jumlah pengguna hingga pendapatan tahunan media sosial tersebut.

Dilansir dari laman Engadget, Senin (9/5/2022), dikatakan bahwa Musk ingin meningkatkan jumlah pengguna bulanan Twitter dari 217 juta pada akhir 2021 jadi hampir 600 juta pada 2025.

Dia bahkan ingin melipat gandakan jumlah pengguna bulanan jadi 931 juta pengguna pada 2028. Jumlah itu lebih dari empat kali lipat pengguna bulanannya dalam enam tahun ke depan.

Sebelumnya, Musk juga menyebutkan bahwa Twitter akan memiliki layanan berbayar dalam bentuk berlangganan. Musk disebut ingin memiliki 104 juta pelanggan untuk layanan yang namanya masih disamarkan menjadi kode ‘X’.

Sejalan dengan target tersebut, Musk memasang target bahwa pendapatan tahunan (annual revenue) Twitter berada di angka US$26,4 miliar atau sekitar Rp382,7 triliun pada 2028. Target ini lebih tinggi US$5 miliar dibandingkan tahun lalu.

Musk juga ingin mendiversifikasi cara Twitter menghasilkan uang secara signifikan untuk mencapai target tersebut. Saat ini, iklan menyumbang sekitar 90 persen dari pendapatan Twitter, Musk ingin memangkasnya menjadi sekitar 45 persen pada 2028.

Dia memprediksi bahwa pendapatan dari iklan akan mencapai US$12 miliar dan pendapatan berlangganan di kisaran US$10 miliar. Dengan begitu, Twitter membutuhkan lebih banyak pengguna untuk mencapai target tersebut. Elon Musk memprediksi ada sekitar 69 juta pengguna Twitter Blue di 2025 dan 159 juta di 2028.

Twitter Blue merupakan layanan berbayar yang memungkinkan penggunanya bisa menikmati layanan tanpa iklan, ada fitur undo Tweet yang sudah dikirim, dan lainnya. Terakhir, Elon Musk juga ingin layanan transaksi (payment) di Twitter ikut meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper