Ini Dia Batuan Terpanas di Dunia yang Pernah Ditemukan

Robby Fathan
Selasa, 19 April 2022 | 15:04 WIB
Batu terpanas di dunia
Batu terpanas di dunia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan menemukan sebuah batu berbentuk sepotong kaca hitam seukuran kepalan tangan, ditemukan pada 2011 dan pertama kali dilaporkan pada 2017, ketika para ilmuwan menulis dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters.

Dilaporkan bahwa batu itu telah terbentuk pada suhu mencapai 4.298 derajat Fahrenheit (2.370 derajat Celcius), lebih panas dari sebagian besar mantel bumi. Sekarang, analisis baru mineral dari situs yang sama mengungkapkan bahwa rekor panas yang membakar ini nyata.

Batuan itu meleleh dan terbentuk kembali dalam tumbukan meteorit sekitar 36 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang disebut Labrador, Kanada.

Tabrakan itu membentuk kawah Mistastin selebar 17 mil (28 kilometer), tempat Michael Zanetti, yang merupakan seorang mahasiswa doktoral di Washington University St. Louis, mengambil batu kaca selama studi yang didanai Badan Antariksa Kanada tentang bagaimana mengoordinasikan astronot dan penjelajah bekerja sama untuk menjelajahi planet atau bulan lain. (Kawah Mistastin sangat mirip dengan kawah bulan dan sering digunakan sebagai pengganti untuk penelitian semacam itu.)

Tetapi untuk mengkonfirmasi temuan awal, para peneliti membutuhkan lebih dari satu zirkon. Dalam studi baru, penulis utama Gavin Tolometti, seorang peneliti postdoctoral di Western University di Kanada, dan rekan menganalisis empat zirkon lagi dalam sampel dari kawah.

Sampel-sampel ini berasal dari berbagai jenis batuan di lokasi yang berbeda, memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang bagaimana dampak tersebut memanaskan tanah. Satu berasal dari batuan kaca yang terbentuk dalam tumbukan, dua lainnya dari batuan yang meleleh dan memadat kembali, dan satu lagi dari batuan sedimen yang menahan pecahan kaca yang terbentuk akibat tumbukan.

Hasilnya, yang diterbitkan 15 April di jurnal Earth and Planetary Science Letters, menunjukkan bahwa zirkon kaca-benturan terbentuk dalam setidaknya 4.298 F panas, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian tahun 2017. Selain itu, batuan sedimen yang mengandung kaca telah dipanaskan hingga 3.043 F (1.673 C). Rentang luas ini akan membantu para peneliti mempersempit tempat untuk mencari batuan paling panas di kawah lain, kata Tolometti dalam sebuah pernyataan.

"Kami mulai menyadari bahwa jika kami ingin menemukan bukti suhu setinggi ini, kami perlu melihat wilayah tertentu daripada memilih secara acak di seluruh kawah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper