Suhu di Neptunus Berfluktuasi Secara Misterius, Ilmuwan Kebingungan

Robby Fathan
Selasa, 12 April 2022 | 16:05 WIB
planet Neptunus
planet Neptunus
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Analisis perubahan suhu Neptunus yang belum pernah terjadi sebelumnya menunjukkan sesuatu yang agak aneh terjadi di planet terjauh di Tata Surya kita tersebut.

Neptunus yang sangat jauh, yang mengorbit Matahari sekitar 30 kali jarak Bumi, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengelilingi bintang yakni sekitar 165 tahun waktu di Bumi. Yang berarti setiap musim di Neptunus berlangsung selama lebih dari 40 tahun di Bumi.

Saat ini, belahan bumi selatan Neptunus berada di tengah-tengah musim panas yang berlangsung selama empat dekade. Kondisi ini  tidak dapat dijelaskan penyebabnya oleh para ilmuwan, dimana suhunya belum benar-benar memanas.

Sebuah studi baru yang mengumpulkan pengamatan suhu Neptunus selama 17 tahun malah menunjukkan sebaliknya, dengan pembacaan yang menunjukkan penurunan rata-rata global misterius sekitar 8 °C antara tahun 2003 dan 2018, sebagaimana dibuktikan oleh penurunan signifikan dalam radiasi atmosfer dari tahun 2003.

"Perubahan ini tidak terduga, Karena kami telah mengamati Neptunus selama awal musim panas, kami memperkirakan suhu perlahan-lahan tumbuh lebih hangat, bukan lebih dingin."  kata ilmuwan planet Michael Roman dari University of Leicester di Inggris dilansir dari Space.com.

Mengumpulkan data suhu atmosfer yang dapat diandalkan untuk Neptunus bukanlah tugas termudah, mengingat seberapa jauh planet dingin ini terletak dari Bumi.

Ini sebenarnya hanya mungkin untuk mendapatkan pembacaan seperti itu sejak pergantian abad, dengan munculnya pengukuran inframerah sensitif pada teleskop ruang angkasa yang lebih baru. Salah satunya adalah  VISIR  (VLT Imager and Spectrometer for mid-Infrared) yang dipasang pada Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory, yang dapat menyimpulkan suhu berdasarkan tingkat emisi cahaya inframerah.

Untuk mempelajari radiasi inframerah Neptunus, Roman dan timnya menganalisis hampir 100 pengamatan termal planet ini, banyak yang ditangkap oleh VISIR, tetapi juga termasuk data dari Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA, dan banyak teleskop berbasis darat di Chili dan Hawaii.

Hasilnya mewakili kompilasi terbesar dari pencitraan Neptunus berbasis darat yang tersedia saat ini dalam spektrum inframerah-tengah menunjukkan bahwa suhu di stratosfer Neptunus mendingin (meskipun musim panas) selama sebagian besar periode penelitian, meskipun ledakan emisi yang terlambat antara 2018 dan 2020 menunjukkan atmosfer kemudian dengan cepat menghangat sekitar 11 °C dalam waktu hanya dua tahun.

Adapun mengapa suhu atmosfer Neptunus tampaknya berfluktuasi begitu tak terduga di pertengahan musim, kami tidak dapat sepenuhnya memastikan, tetapi para peneliti berpikir perubahan kimia atmosfer mungkin berada di balik variasi yang terlihat.

"Sementara metana menyerap sinar matahari dan menghangatkan atmosfer, hidrokarbon yang dihasilkan secara fotokimia terutama etana dan asetilena adalah pemancar inframerah yang kuat yang berfungsi untuk mendinginkan stratosfer," para peneliti menjelaskan dalam makalah mereka.

"Keseimbangan antara pemanasan dan pendinginan radiasi ini berubah seiring dengan perubahan jumlah hidrokarbon fotokimia."

Penelitian sebelumnya yang menyelidiki suhu Saturnus menemukan bahwa interaksi bahan kimia di awan atmosfer dapat memengaruhi suhunya, yang mengarah ke puncak suhu sebelum penyinaran matahari maksimum, dan mungkin hal serupa terjadi di sini.

"Meskipun demikian, mengingat periode orbit Neptunus selama 165 tahun, setiap perubahan musim diperkirakan akan terjadi secara bertahap selama beberapa dekade," tulis para peneliti .

Penjelasan lain bisa jadi variasi cuaca yang mungkin mempengaruhi komposisi awan atmosfer dan kimia termasuk efek pusaran gelap yang terlihat di Neptunus, yang merupakan teka-teki lain dari planet yang masih kita pelajari.

Fluks matahari juga patut dipertimbangkan, kata para peneliti, dengan mencatat bahwa perubahan pancaran cahaya yang disebabkan oleh siklus aktivitas Matahari entah bagaimana mungkin memicu perubahan fotokimia di atmosfer Neptunus, yang sekali lagi dapat menjelaskan fluktuasi suhu yang kita lihat.

Yang benar-benar kami ketahui dengan pasti adalah bahwa kami memerlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bacaan yang mengejutkan ini hanya misteri terbaru yang terkait dengan dunia yang jauh dan tidak jelas ini .

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper