Diduga Bakal Tabrak Bumi, Begini Ancaman Asteroid 1950 DA Sekarang

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 3 April 2022 | 11:17 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asteroid berjuluk 1950 DA yang sebelumnya dianggap berbahaya dan mengancam bumi kini mulai berbalik penilaiannya.

Pada 2015, para ilmuwan telah menghitung bahwa objek tersebut memiliki peluang 1 banding 8.000 untuk menabrak Bumi pada tahun 2880. Namun analisis baru dirilis pada Selasa (29 Maret) menjatuhkan asteroid dari posisi teratas daftar asteroid NASA yang diketahui paling berpotensi berbahaya bagi Bumi.

"1950 DA seharusnya tidak menjadi perhatian," Davide Farnocchia, seorang insinyur navigasi di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, dilansir dari Space.com.

"Sebaliknya, saya akan mengatakan bahwa sangat menggembirakan bahwa kita dapat mengidentifikasi kemungkinan jarak jauh dari dampak objek ini lebih dari 800 tahun sebelumnya." paparnya.

Batu ruang angkasa itu memiliki lebar 0,8 mil (1,3 kilometer), dan para ilmuwan memiliki gagasan yang cukup bagus tentang bentuknya, berkat pengamatan oleh Observatorium Arecibo yang sekarang sudah tidak berfungsi di Puerto Rico. Pemodelan sebelumnya menyarankan asteroid lebih puing daripada batu, yang akan meredakan dampak yang mungkin terjadi.

Untungnya, penilaian baru mengatakan asteroid menimbulkan risiko yang lebih kecil daripada yang diyakini sebelumnya. "Kemungkinan dampak kecil, 1 dari 30.000," tulis Farnocchia tentang asteroid, peningkatan substansial dari kemungkinan sebelumnya.

"Tetapi bahkan dalam kasus yang sangat tidak mungkin bahwa 1950 DA berada pada lintasan dampak, kemungkinan dampaknya adalah pada 2880 dan itu memberikan banyak waktu untuk mitigasi," tambahnya.

Mandat NASA termasuk mencari dan memantau asteroid seperti 1950 DA melalui teleskop mitra dan pengamatan ruang angkasa, yang dikoordinasikan melalui Kantor Koordinasi Pertahanan Planet badan tersebut. Tidak ada ancaman yang akan datang untuk dikhawatirkan sekarang, tetapi NASA secara berkala meninjau kembali penilaian lama untuk memastikan keakuratannya.

Pada bulan Januari, badan tersebut meningkatkan sistem Sentry untuk memeriksa risiko asteroid. Di antara perubahan penting adalah prediksi yang lebih baik untuk efek Yarkovsky, atau perubahan jalur asteroid di ruang angkasa karena pemanasan dari matahari.

Efeknya memiliki pengaruh yang sangat kuat pada orbit 1950 DA, dan selama bertahun-tahun, NASA telah menghitung lintasan asteroid menggunakan program 2002 yang disebut Sentry yang tidak dapat memperhitungkan efek Yarkovsky.

Sebaliknya, Farnocchia dan rekan-rekannya harus mensimulasikan sejumlah besar skenario dalam apa yang disebutnya "pendekatan yang agak kasar". Kemudian, para ilmuwan harus menganalisis hasilnya secara langsung untuk mengidentifikasi kemungkinan dampak dan probabilitas.

Sistem baru, yang disebut Sentry-II, dapat memperhitungkan efek Yarkovsky, memungkinkannya menghitung risiko dampak secara otomatis tanpa semua kerja ekstra, jadi 1950 DA mendapatkan penilaian baru pertamanya sejak 2015. Analisis baru hanya dengan Sentry-II memakan waktu beberapa jam, dan diproses secara otomatis, dan akan diulang lebih teratur.

Penilaian risiko yang lebih rendah memindahkan 1950 DA ke tempat kedua dalam daftar pantauan NASA. Sekarang di posisi teratas jatuh ke Bennu, asteroid yang diambil sampel oleh misi OSIRIS-REx NASA pada Oktober 2020. Pesawat ruang angkasa itu akan mengirimkan sampelnya hingga 2023, memberi para ilmuwan pandangan mendetail pada batu itu dan, bukan kebetulan, membantu mereka menilai apakah asteroid menimbulkan ancaman untuk pembukaan jendela di tahun 2178.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper