Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPN 11 Persen Berlaku, Ini Daftar Harga Kuota di Telkomsel, Indosat, dan XL

Tiga operator seluler yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata mulai menyesuaikan harga paket data sejalan dengan penerapan PPN per 1 April 2022.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 01 April 2022  |  16:44 WIB
Logo Telkomsel. - Istimewa
Logo Telkomsel. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 11 persen resmi berlaku. Sejumlah operator seluler mulai memberlakukan tarif atau harga paket data utama sejalan dengan keputusan tersebut.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H Bramono menyebut, perusahaan telah mendapatkan sosialisasi secara berkala dari Direktorat Jendral Pajak Indonesia mengenai penerapan aturan terkait, terutama mengenai kenaikan tarif PPN mulai 1 April 2022.

"Kami telah mulai melakukan sosialisasi mengenai rencana kenaikan PPN sebesar 11 persen mulai 1 April 2022, melalui pengiriman SMS notifikasi yang dilakukan pada 8 Maret 2022," ujarnya, Jumat (1/4/2022).

Sementara itu, Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih menyebut terkait penyesuaian Pajak Pertambahan Nilai (PPN), XL Axiata telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan dan mitra bisnis terhitung efektif  mulai tanggal 1 April 2022. Seluruh aktifitas transaksi bisnis yang dilakukan XL Axiata akan memberlakukan nilai PPN sebesar 11 persen.

"Sekali lagi kami tekankan, yang disesuaikan adalah PPN dari 10 persen menjadi 11 persen, sedangkan tarif dasar paket data/pulsa tetap," ujarnya.

Sebagai informasi, dikutip dari laman resminya pada Jumat, (1/4/2022), berikut adalah daftar harga paket data utama di 3 operator seluler, Telkomsel, XL, dan Indosat, per tanggal 1 April 2022 yang telah disesuaikan.

Berikut adalah daftar lengkap tarif atau harga paket data utama di operator seluler Telkomsel, XL, dan Indosat:

  1. Kombo Sakti Telkomsel

  • Rp64.000: Kuota internet utama 15 Gb untuk jaringan 2G - 5G. 75 menit telepon dan 400 SMS gratis ke sesama Telkomsel. 10 Gb kuota dengan pemakaian batas wajar untuk aplikasi. Masa berlaku 30 hari.
  • Rp83.000: Kuota internet utama 20 Gb untuk jaringan 2G - 5G. 150 menit telepon dan 400 SMS gratis ke sesama Telkomsel. 15 Gb kuota dengan pemakaian batas wajar untuk aplikasi. Masa berlaku 30 hari.
  • Rp109.000: Kuota internet utama 28 Gb untuk jaringan 2G - 5G. 150 menit telepon dan 400 SMS gratis ke sesama Telkomsel. 20 Gb kuota dengan pemakaian batas wajar untuk aplikasi. Masa berlaku 30 hari.

Kuota utama akan menjadi prioritas konsumsi pertama bagi pelanggan, kemudian diikuti kuota unlimited untuk beberapa apps sesuai ketentuan.

Kuota dengan batas penggunaan wajar untuk aplikasi akan otomatis dapat digunakan jika kuota utama telah habis pada aplikasi sesuai ketentuan yaitu, Whatsapp, Line, MusicMax, GamesMax, Facebook, Instagram, TikTok dan Zoom.

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telkomsel indosat Tarif PPN paket data
Editor : Amanda Kusumawardhani

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top