DANA Kenalkan 4 Produk dan Layanan Terbaru, Salah Satunya Pembayaran STNK

Ahmad Thovan Sugandi
Sabtu, 26 Maret 2022 | 09:14 WIB
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan dompet digital Dana resmi merilis produk terbarunya. Pengenalan produk dan layanan tersebut tersebut bertepatan dengan ulang tahun yang ke-4.

Chief of Product Dana Indonesia Rangga Wiseno menyebut, selama empat tahun kehadirannya, pengguna Dana telah mencapai lebih dari 100 juta penguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5.000 online merchant, termasuk lebih dari 500.000 UMKM yang memanfaatkan Dana Bisnis.

“Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital," ujarnya dalam rilis, Jumat (25/3/2022).

Adapun empat layanan dan produk terbaru yang akan hadir dalam aplikasi Dana adalah sebagai berikut:

1. Dana Pay

Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi Dana kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo Dana, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Berkat pembaruan ini, Dana memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

2. Rapor Dana

Dana mengklaim, guna menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi (38,03 persen) dan inklusi keuangan (76,19 persen) sebagaimana data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, perusahaan akan menghadirkan fitur baru, yaitu Rapor Dana.

Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Dengan Rapor Dana, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper