Super App Korsel Toss Mau Uji Nyali Saingi Grab dan GoTo di Asia Tenggara

Farid Firdaus
Kamis, 24 Maret 2022 | 17:40 WIB
Ilustrasi Super App Toss asal Korea Selatan/Istimewa.
Ilustrasi Super App Toss asal Korea Selatan/Istimewa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Super app asal Korea Selatan, Toss, bersiap menghadapi para pesaing seperti Grab dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GoTo), dengan rencana ekspansi ke empat negara di kawasan Asia Tenggara.

Mengutip Financial Times, Kamis (24/3/2022), Toss berusaha memasuki Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina setelah merambah Vietnam pada 2019. Perusahaan juga berupaya memperluas layanannya ke India.

Toss dimiliki oleh Viva Republica, salah start-up fintech paling berharga di Korea Selatan, yang sedang berupaya mengumpulkan US$1 miliar atau setara Rp14,3 triliun dari investor internasionalnya pada kuartal II/2022.

Adapun start-up ini didukung oleh sovereign wealth fund Singapura GIC, Paypal, dan Sequoia Capital China. Perusahaan sebelumnya meraih pendanaan US$410 juta pada Juni 2021 dengan valuasi US$7,4 miliar dan sedang mencari putaran pendanaan lain sebelum meluncurkan penawaran umum perdana (IPO). Perusahaan telah mengumpulkan lebih dari US$940 juta dalam pendanaan ekuitas hingga saat ini.

“Kami tidak pernah menganggap diri kami sebagai pemain pasar Korea. Strategi rebundling kami sebagai aplikasi super sangat menarik bagi investor,” kata pendiri dan kepala eksekutif perusahaan Lee Seung-gun dalam sebuah wawancara.

Pasar fintech Korea Selatan berkembang sebagai akibat dari deregulasi di sektor ini dan semakin banyak konsumen muda yang paham teknologi. Toss memiliki 11 juta pengguna aktif bulanan di Korea Selatan, menurut Lee.

Penjualan Viva Republica meningkat lebih dari dua kali lipat tahun lalu menjadi 820 miliar won Korea Selatan atau setara US$676 juta, dengan Toss menghasilkan pendapatan dari serangkaian layanan keuangan termasuk perbankan online, perdagangan saham, dan asuransi.

“Setiap perusahaan fintech di [pasar] global selalu ingin menjadi [penyedia] bundling semua fitur. Kami memiliki pedoman yang sangat sukses yang kami capai di Korea Selatan dan kami mencoba untuk meniru kesuksesan itu di wilayah itu,” kata Lee.

Di Vietnam, Toss menjaring lebih dari 500.000 pengguna aktif setiap bulan untuk mendapatkan dukungan dari saingan lokal MoMo, yang memiliki sekitar 78 juta pengguna terdaftar. Toss menawarkan layanan kartu kredit dan pinjaman jangka pendek dalam kemitraan dengan bank-bank regional.

Perusahaan keuangan Korea Selatan telah berjuang untuk masuk ke pasar luar negeri meskipun membakar sejumlah besar uang tunai. Saingan domestik Naver dan Kakao Bank juga berjuang untuk membuat terobosan ke Asia Tenggara tetapi Lee menekankan bahwa perusahaannya mengambil pendekatan yang ditargetkan, dengan fokus pada analisis kredit dan penelitian mendalam tentang perilaku konsumen.

“Kami tidak akan menggelontorkan berton-ton dolar untuk menjadi nomor satu. Kami mencoba mempelajari poin rasa sakit pelanggan dan mencoba menyelesaikannya sebanyak mungkin, ”katanya.

Kendati demikian, para analis mengatakan rencana Toss ke pasar Asia Tenggara kemungkinan akan menjadi perjuangan yang berat, mengingat kehadiran pemain lokal yang telah lebih dulu hadir seperti Grab dan GoTo, yang telah membangun ekosistem fintech mumpuni di belakang data ride-hailing yang kuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Financial Times
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper