NASA Konfirmasi Ada Lebih dari 5.000 Exoplanet di Luar Angkasa

Robby Fathan
Rabu, 23 Maret 2022 | 20:34 WIB
Tata Surya/Reuters
Tata Surya/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penjelajahan teleskop luar angkasa NASA selama 30 tahun mengonfirmasi bahwa saat ini jumlah exoplanet telah melewati angka 5.000.

Selama kita hidup di alam semesta mungkin hanya sejumlah kecil planet yang diketahui, semuanya mengorbit Matahari kita.

Tetapi serangkaian penemuan baru menandai titik tertinggi ilmiah dimana ditemukan lebih dari 5.000 planet sekarang dikonfirmasi ada di luar tata surya kita.

Odometer planet yang dikonfirmasi pada 21 Maret, masuk dalam kumpulan 65 exoplanet terbaru planet di luar keluarga dekat tata surya berdasarkan Arsip Exoplanet NASA.

Arsip tersebut mencatat penemuan planet ekstrasurya yang muncul dalam makalah ilmiah yang ditinjau sejawat, dan yang telah dikonfirmasi menggunakan beberapa metode deteksi atau dengan teknik analitik.

Lebih dari 5.000 planet yang ditemukan sejauh ini termasuk dunia kecil berbatu seperti Bumi, raksasa gas yang berkali-kali lebih besar dari Jupiter, dan "Jupiter panas" dalam orbit yang sangat dekat di sekitar bintangnya.

Ada "Bumi super", yang mungkin merupakan dunia berbatu yang lebih besar dari dunia kita, dan "Neptunus mini", versi yang lebih kecil dari sistem Neptunus kita.

Ada juga planet campuran yang mengorbit dua bintang sekaligus dan planet dengan keras kepala mengorbit sisa-sisa runtuhan bintang mati.

Yang kita tahu ini Galaksi kita kemungkinan memiliki ratusan miliar planet seperti itu. 

Termasuk jenis bintang neutron yang dikenal sebagai pulsar, mayat bintang yang berputar cepat yang berdenyut dengan semburan radiasi yang membakar milidetik.

Mengukur sedikit perubahan dalam waktu pulsa memungkinkan para ilmuwan untuk mengungkapkan planet-planet di orbit sekitar pulsar.

Menemukan hanya tiga planet di sekitar bintang yang berputar ini pada dasarnya membuka pintu air, kata Alexander Wolszczan, penulis utama makalah yang, 30 tahun lalu, mengungkap planet pertama yang dikonfirmasi di luar tata surya kita.

Gambar tidak selalu terlihat begitu cerah. Planet pertama yang terdeteksi di sekitar bintang mirip Matahari, pada tahun 1995, ternyata adalah Jupiter panas: raksasa gas sekitar setengah massa Jupiter kita dalam orbit empat hari yang sangat dekat di sekitar bintangnya. Setahun di planet ini, dengan kata lain, hanya berlangsung empat hari.

Lebih banyak planet seperti itu muncul dalam data dari teleskop berbasis darat begitu para astronom belajar mengenalinya lusinan pertama, lalu ratusan. Mereka ditemukan menggunakan metode "goyangan": melacak sedikit gerakan maju mundur bintang, yang disebabkan oleh tarikan gravitasi dari planet yang mengorbit. Tapi tetap saja, sepertinya tidak ada yang layak huni.

Menemukan dunia kecil berbatu yang lebih mirip dengan dunia kita membutuhkan lompatan besar berikutnya dalam teknologi perburuan planet ekstrasurya: metode "transit".

Astronom William Borucki datang dengan ide untuk memasang detektor cahaya yang sangat sensitif ke teleskop, lalu meluncurkannya ke luar angkasa. Teleskop akan menatap selama bertahun-tahun di bidang lebih dari 170.000 bintang, mencari penurunan kecil dalam cahaya bintang ketika sebuah planet melintasi wajah bintang. Ide itu diwujudkan dalam Teleskop Luar Angkasa Kepler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper