Sejarah Hari Ini, Antariksawan Vladimirovich Polyakov Kembali ke Bumi Setelah 438 Hari di Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 22 Maret 2022 | 08:20 WIB
Vladimirovich Polyakov
Vladimirovich Polyakov
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 22 Maret 1995, adalah hari kembalinya antariksawan Valeriy Polyakov setelah menetapkan rekor 438 hari berada di luar angkasa.

Valeri Vladimirovich Polyakov adalah mantan kosmonaut Rusia. Ia adalah pemegang rekor sebagai orang terlama yang tinggal di luar angkasa dalam sejarah manusia.

Dia tinggal di stasiun luar angkasa Mir selama lebih dari 14 bulan (437 hari 18 jam) yang ia lewati dalam satu perjalanan luar angkasa.

Polyakov dipilih sebagai kosmonaut pada tahun 1972, ia melakukan penerbangan pertamanya ke luar angkasa di atas kapal Soyuz TM-6 pada tahun 1988. Dia kembali ke bumi 240 hari kemudian menggunakan kapal TM-7.

Polyakov menyelesaikan penerbangan keduanya ke luar angkasa pada 1994–1995, menghabiskan 437 hari di luar angkasa, diluncurkan dengan Soyuz TM-18 dan mendarat kembali ke bumi menggunakan TM-20, hal tersebut menjadi rekor waktu terlama yang dihabiskan seseorang di luar angkasa oleh seorang individu dalam sejarah manusia.

Pada tahun 1995 Polyakov secara resmi pensiun sebagai kosmonot, meskipun ia mempertahankan tugasnya sebagai wakil direktur Institute for Biomedical Problems, sebuah jabatan yang telah ditunjuknya pada tahun 1989. Dia secara bersamaan menjabat sebagai wakil ketua komisi yang bertanggung jawab atas sertifikasi kosmonot Rusia. .

Dr. Polyakov juga aktif dalam membina kerja sama internasional dan berkontribusi pada keselamatan medis program luar angkasa internasional. Dia adalah seorang penyelidik kosmonot pada misi sains luar angkasa Austria, Jerman, Prancis, dan AS ke Mir.

Valeri Polyakov adalah anggota Asosiasi Peneliti Luar Angkasa Internasional, Akademi Astronot Internasional, dan Kepala Komisi Medis Rusia untuk sertifikasi kosmonot. Dia memegang gelar "Pilot-Kosmonot Uni Soviet," dan telah menerima Medali Emas Pahlawan Uni Soviet dan Federasi Rusia, Ordo Lenin, Ordo Legiun Kehormatan (Prancis), dan Penghargaan Kazakhstan Tertinggi.

Dia memiliki lebih dari 50 publikasi yang berhubungan dengan ilmu kehidupan luar angkasa, dukungan medis untuk misi luar angkasa, dan hasil penelitian dan eksperimen yang dilakukan selama penerbangan luar angkasa jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper