Pemerintah Kekurangan 1,5 Juta Set Top Box Gratis untuk Siaran TV Digital

Rahmi Yati
Selasa, 22 Maret 2022 | 16:36 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku masih kekurangan jumlah set top box (STB) TV digital yang akan dibagikan secara gratis pada rumah tangga miskin (RTM) di wilayah yang terdampak analog switch off (ASO) tahap II dan III.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pembagian STB gratis telah mulai dilakukan untuk wilayah ASO tahap I sejak 15 Maret 2022 sampai dengan 30 April 2022 atau tepat saat suntik mati TV analog jilid pertama dilakukan, mencakup 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran.

"Namun untuk tahap kedua masih kekurangan 152.565 unit set top box dan tahap ketiga masih kurang 1.369.611 set top box yang kita terus carikan jalan keluarnya untuk kebutuhan karena belum tersedia di dalam anggaran pemerintah," kata Johnny dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, Selasa (22/3/2022).

Dengan begitu, artinya pemerintah masih memiliki PR sebanyak 1,5 juta unit set top box gratis TV digital yang harus diupayakan sebelum implementasi ASO tahap II pada 25 Agustus 2022 dan tahap III pada 2 November 2022.

Kendati demikian, Menkominfo memastikan untuk pemenuhan kebutuhan set top box tersebut semaksimal mungkin akan memanfaatkan produksi di dalam negeri. Sedangkan pengadaan set top box oleh penyelenggara multipleksing (mux) diserahkan pada masing-masing penyelenggara.

Sebagai informasi, set top box digunakan untuk bisa menikmati siaran TV digital tanpa harus mengganti perangkat TV analog yang dimiliki saat ini. Peralihan siaran dari analog ke digital atau ASO ini dibagi dalam tiga tahapan dengan jumlah wilayah siarannya sebanyak 112 dalam 341 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Adapun berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial menyebutkan ada 6.737.971 rumah tangga miskin di Indonesia. Angka tersebut akan menjadi acuan untuk menyalurkan bantuan set top box gratis ke masyarakat yang terdampak ASO.

Distribusi set top box gratis ASO Tahap I berlangsung pada 15 Maret sampai 30 April 2022. Sebanyak 3.202.470 unit set top box gratis TV digital akan dibagikan kepada rumah tangga miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper