MotoGP Mandalika Usai, XL Axiata (EXCL) Lakukan Evaluasi Layanan

Rahmi Yati
Senin, 21 Maret 2022 | 13:41 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengaku akan mengevaluasi perkembangan trafik layanan di wilayah Mandalika usai pergelaran MotoGP Mandalika berakhir kemarin (20/3/2022).

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan manajemen berkomitmen untuk selalu memberikan layanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, baik yang terdapat penyelenggaraan event ataupun tidak.

"Kami tentu juga terus melakukan evaluasi terhadap perkembangan trafik layanan yang ada termasuk di wilayah Mandalika tersebut guna memastikan kenyamanan pelanggan di wilayah tersebut tetap terjaga dengan baik meskipun acara MotoGP usai," kata Ayu, sapaan akrabnya, Senin (21/3/2022).

Kendati MotoGP telah berakhir, Ayu percaya ke depan akan ada lagi penyelenggaraan event-event lainnya, selaras dengan perkembangan Mandalika sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia.

Sebelumnya, dalam rangka memastikan kesiapan konektivitas mobile broadband di kawasan Mandalika dan sekitarnya serta melayani kebutuhan masyarakat dan para pengunjung yang hadir menyaksikan event MotoGP tersebut, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan 4G di beberapa titik di sekitar area Mandalika.

Adapun yang dilakukan, sambung Ayu, adalah penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan, guna memastikan kelancaran aktivitas internet bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja pada area kawasan.

"Selain itu, untuk menghadirkan real 5G experience bagi masyarakat serta pengunjung yang hadir menyaksikan gelaran MotoGP 2022, XL Axiata menghadirkan akses 5G di sejumlah titik strategis di Kawasan Sirkuit Pertamina Mandalika menggunakan spektrum 5G 3.5GHz dan 26GHz. Area-area yang akan dicover oleh jaringan 5G XL Axiata meliputi area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan," terang Ayu.

Dia menambahkan, saat event berlangsung, pengunjung kawasan juga dapat menikmati beberapa show case/pameran 5G yang dihadirkan, seperti Motorbike Augmented Reality (AR), 8K streaming experience, serta real time security surveillance with 5G.

"Bagi kami kenyamanan pengunjung untuk menggunakan layanan telekomunikasi termasuk layanan data yang kami sediakan selama berada di lokasi sirkuit Mandalika dan sekitarnya harus dapat tetap terjaga dengan baik," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper