Segini Sisa Umur Matahari Menurut Ahli

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 18 Maret 2022 | 23:56 WIB
Letusan Matahari/ESA
Letusan Matahari/ESA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti apa Matahari kita setelah mati? Para ilmuwan telah membuat prediksi tentang seperti apa akhir Tata Surya kita, dan kapan itu akan terjadi. Dan manusia tidak akan ada untuk melihat kejadian itu,

Sebelumnya, para astronom mengira matahari akan berubah menjadi nebula planet, atau gelembung gas dan debu yang bercahaya - sampai bukti menunjukkan bahwa itu harus sedikit lebih masif.

Melansir Science Alert, sebuah tim astronom internasional membalikkan lagi teori itu pada tahun 2018 dan menemukan bahwa nebula planet memang merupakan mayat matahari yang paling mungkin.

Matahari berusia sekitar 4,6 miliar tahun diukur berdasarkan usia benda-benda lain di Tata Surya yang terbentuk sekitar waktu yang sama. Berdasarkan pengamatan bintang-bintang lain, para astronom memperkirakan ia akan mencapai akhir hidupnya dalam waktu sekitar 10 miliar tahun lagi.

Ada hal-hal lain yang akan terjadi di sepanjang jalan, tentu saja. Dalam waktu sekitar 5 miliar tahun, Matahari akan berubah menjadi raksasa merah. Inti bintang akan menyusut, tetapi lapisan luarnya akan meluas ke orbit Mars, menelan planet kita dalam prosesnya. Bahkan jika itu masih ada.

Satu hal yang pasti: Pada saat itu, kita tidak akan ada lagi. Faktanya, umat manusia hanya memiliki sekitar 1 miliar tahun lagi kecuali kita menemukan jalan keluar dari batu ini. Itu karena Matahari meningkat kecerahannya sekitar 10 persen setiap miliar tahun.

Peningkatan kecerahan itu akan mengakhiri kehidupan di Bumi. Lautan kita akan menguap, dan permukaannya akan menjadi terlalu panas untuk membentuk air. Kami akan sekaput yang Anda bisa.

Inilah yang terjadi setelah raksasa merah yang terbukti sulit untuk dijabarkan. Beberapa penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa, agar nebula planet yang terang dapat terbentuk, bintang awal harus berukuran dua kali lebih besar dari Matahari.

Namun, studi tahun 2018 menggunakan pemodelan komputer untuk menentukan bahwa, seperti 90 persen bintang lainnya, Matahari kita kemungkinan besar akan menyusut dari raksasa merah menjadi katai putih dan kemudian berakhir sebagai nebula planet.

"Ketika sebuah bintang mati, ia mengeluarkan massa gas dan debu - yang dikenal sebagai selubungnya - ke luar angkasa. Selubung itu bisa mencapai setengah massa bintang. Ini mengungkapkan inti bintang, yang pada titik ini kehidupan bintang sedang berjalan. kehabisan bahan bakar, akhirnya mati dan sebelum akhirnya mati," jelas astrofisikawan Albert Zijlstra dari University of Manchester di Inggris, salah satu penulis makalah.

"Baru pada saat itulah inti panas membuat selubung yang dikeluarkan bersinar terang selama sekitar 10.000 tahun - periode singkat dalam astronomi. Inilah yang membuat nebula planet terlihat. Beberapa sangat terang sehingga dapat dilihat dari jarak yang sangat jauh berukuran puluhan meter. jutaan tahun cahaya, di mana bintang itu sendiri akan terlalu redup untuk dilihat."

Model data yang dibuat tim sebenarnya memprediksi siklus hidup berbagai jenis bintang, untuk mengetahui kecerahan nebula planet yang terkait dengan massa bintang yang berbeda.

Nebula planet relatif umum di seluruh Alam Semesta yang dapat diamati, dengan yang terkenal termasuk Nebula Helix, Nebula Mata Kucing, Nebula Cincin, dan Nebula Gelembung.

Mereka diberi nama nebula planet bukan karena mereka benar-benar ada hubungannya dengan planet, tetapi karena, ketika yang pertama ditemukan oleh William Herschel pada akhir abad ke-18, penampilan mereka mirip dengan planet melalui teleskop pada waktu itu.

Hampir 30 tahun yang lalu, para astronom memperhatikan sesuatu yang aneh: Nebula planet paling terang di galaksi lain semuanya memiliki tingkat kecerahan yang hampir sama. Ini berarti bahwa, setidaknya secara teoritis, dengan melihat nebula planet di galaksi lain, para astronom dapat menghitung seberapa jauh mereka.
Data menunjukkan bahwa ini benar, tetapi modelnya bertentangan, yang telah membuat para ilmuwan kesal sejak penemuan itu dibuat.

"Bintang tua bermassa rendah seharusnya membuat nebula planet yang jauh lebih redup daripada bintang muda yang lebih masif. Ini telah menjadi sumber konflik selama 25 tahun terakhir," kata Zijlstra.

"Data mengatakan Anda bisa mendapatkan nebula planet yang terang dari bintang bermassa rendah seperti Matahari, model mengatakan itu tidak mungkin, apa pun yang kurang dari sekitar dua kali massa Matahari akan membuat nebula planet terlalu redup untuk dilihat."

Model 2018 telah memecahkan masalah ini dengan menunjukkan bahwa Matahari berada di sekitar batas bawah massa untuk sebuah bintang yang dapat menghasilkan nebula yang terlihat.

Bahkan bintang dengan massa kurang dari 1,1 kali Matahari tidak akan menghasilkan nebula yang terlihat. Bintang yang lebih besar hingga 3 kali lebih besar dari Matahari, di sisi lain, akan menghasilkan nebula yang lebih terang.

Untuk semua bintang lain di antaranya, kecerahan yang diprediksi sangat dekat dengan apa yang telah diamati.

"Ini hasil yang bagus," kata Zijlstra. "Kami sekarang tidak hanya memiliki cara untuk mengukur keberadaan bintang-bintang berusia beberapa miliar tahun di galaksi-galaksi jauh, yang merupakan kisaran yang sangat sulit untuk diukur, kami bahkan telah menemukan apa yang akan dilakukan Matahari ketika ia mati! "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper