Upaya Telkomsel Jaga Kualitas Jaringan saat MotoGP Mandalika

Rahmi Yati
Jumat, 18 Maret 2022 | 20:53 WIB
Logo Telkomsel./Istimewa
Logo Telkomsel./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel menghadirkan dukungan fasilitas jaringan berteknologi terdepan 4G/LTE yang merata dan setara, untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung MotoGP Mandalika 2022 dapat tetap nyaman dan lancar berkomunikasi, dan membagikan momen serunya melalui berbagai platform media sosial.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan sebagai leading digital telco, perusahaan berkomitmen mengakselerasi digitalisasi seluruh wilayah Indonesia dan mengoptimalkan berbagai potensi di berbagai sektor kehidupan melalui pemanfaatan teknologi terdepan.

"Kini, komitmen tersebut salah satunya dilanjutkan dengan dukungan dalam mengoptimalkan konektivitas digital terdepan sekaligus mendorong transformasi digital provinsi Nusa Tenggara Barat, melalui inovasi ragam produk dan layanan unggulan, terutama mendukung hadirnya pengalaman aktivitas digital yang prima dalam gelaran olahraga balap motor internasional MotoGP 2022," katanya, Jumat (18/3/2022).

Menurut dia, diperkirakan puluhan ribu orang akan memadati area MotoGP 2022 di Mandalika, sehingga berpotensi mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

Untuk itu, sambung Nugroho, Telkomsel hadir melalui dukungan fasilitas jaringan berteknologi terdepan 4G/LTE yang merata dan setara. Selain itu, Telkomsel juga menggelar jaringan Hyper 5G yang dilengkapi showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung dengan menampilkan berbagai use case pemanfaatan teknologi berbasis jaringan 5G.

"Kami berharap upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric dapat semakin mendorong kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat," ucapnya.

Dia memerinci, dalam mendukung hadirnya konektivitas digital yang andal dan merata selama pergelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Telkomsel telah menambah 132 BTS 4G/LTE untuk melengkapi total 382 BTS 4G/LTE yang beroperasi melayani kebutuhan akses komunikasi khususnya broadband bagi masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika.

Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit sendiri, Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) 4G/LTE. Selain itu, Telkomsel turut melakukan penambahan dan penguatan kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, seperti area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, titik-titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, tempat destinasi wisata, hingga Mandalika International Street Circuit.

Telkomsel juga menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3500 MHz dan millimeter wave 26 GHz (26000 MHz) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika selama gelaran MotoGP Mandalika.

Pada pengujian di kawasan Mandalika, kombinasi frekuensi 2100 MHz, 2300 MHz, dan 2500 MHz dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps. Sedangkan pada pengujian menggunakan frekuensi millimeter wave 26 GHz, kecepatan Hyper 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 5 Gbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper