NASA Buka Sampel dari Bulan, Apa Hasilnya?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Maret 2022 | 16:48 WIB
Sampel bulan tengah diteliti NASA/nasa
Sampel bulan tengah diteliti NASA/nasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - NASA membuka sampel dari bulan yang dibawa oleh misi Apollo 17 untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bulan dan bersiap untuk kembali ke permukaannya.

Sampel sedang dibuka di NASA Johnson Space Center di Houston oleh Astromaterials Research and Exploration Science Division (ARES), yang melindungi, mempelajari, dan membagikan koleksi sampel luar angkasa NASA.

Pekerjaan ini dipimpin oleh Program Analisis Sampel Generasi Berikutnya Apollo (ANGSA), sebuah tim sains yang bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sampel dan permukaan bulan sebelum misi Artemis mendatang ke Kutub Selatan Bulan.

“Memahami sejarah geologi dan evolusi sampel Bulan di lokasi pendaratan Apollo akan membantu kami mempersiapkan jenis sampel yang mungkin ditemui selama Artemis,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA di Washington dilansir dari laman resmi NASA.

“Artemis bertujuan untuk membawa kembali sampel dingin dan tertutup dari dekat Kutub Selatan bulan. Ini adalah kesempatan belajar yang menarik untuk memahami alat yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dan mengangkut sampel ini, untuk menganalisisnya, dan untuk menyimpannya di Bumi untuk generasi ilmuwan masa depan.” paparnya.

Ketika astronot Apollo mengembalikan sampel ini sekitar 50 tahun yang lalu, NASA memiliki pandangan ke depan untuk menjaga beberapa dari mereka belum dibuka dan murni.

"NASA tahu sains dan teknologi akan berkembang dan memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari materi dengan cara baru untuk menjawab pertanyaan baru di masa depan," kata Lori Glaze, direktur Divisi Ilmu Planet di Markas Besar NASA. “Inisiatif ANGSA dirancang untuk memeriksa sampel yang disimpan dan disegel secara khusus ini.”

Sampel ANGSA 73001 adalah bagian dari sampel tabung penggerak Apollo 17 yang dikumpulkan oleh astronot Eugene Cernan dan Harrison "Jack" Schmitt pada bulan Desember 1972. Para astronot memalu sepasang tabung berukuran 1,5 kali 14 inci yang terhubung ke permukaan bulan untuk dikumpulkan. segmen batuan dan tanah dari endapan tanah longsor di Lembah Taurus–Littrow Bulan.

Para astronot kemudian secara individual menyegel satu tabung penggerak di bawah vakum di Bulan sebelum membawa mereka kembali ke Bumi; hanya dua tabung penggerak yang disegel vakum di Bulan dengan cara ini, dan ini yang pertama dibuka. Setengah lainnya dari tabung penggerak ini, 73002, dikembalikan dalam wadah normal (tidak tertutup).

Tabung tertutup telah disimpan dengan hati-hati dalam tabung vakum pelindung luar dan di lingkungan yang dikendalikan atmosfer di Johnson sejak saat itu. Segmen yang tidak disegel dibuka pada tahun 2019 dan mengungkapkan susunan biji-bijian dan benda-benda kecil yang menarik, yang dikenal sebagai batuan kecil, yang ingin dipelajari oleh ahli geologi bulan.

Sekarang, para ilmuwan memusatkan perhatian pada segmen inti yang tertutup dan lebih rendah. Suhu di bagian bawah inti sangat dingin ketika dikumpulkan, yang berarti bahwa volatil (zat yang menguap pada suhu normal, seperti air es dan karbon dioksida) mungkin ada.

Mereka sangat tertarik pada volatil dalam sampel ini dari daerah khatulistiwa Bulan, karena mereka akan memungkinkan ilmuwan masa depan mempelajari sampel Artemis untuk lebih memahami di mana dan volatil apa yang mungkin ada dalam sampel tersebut.

Jumlah gas yang diharapkan hadir dalam sampel Apollo yang disegel ini kemungkinan sangat rendah. Jika para ilmuwan dapat dengan hati-hati mengekstrak gas-gas ini, mereka dapat dianalisis dan diidentifikasi menggunakan teknologi spektrometri massa modern.

Teknologi ini, yang telah berkembang ke tingkat sensitivitas ekstrem dalam beberapa tahun terakhir, dapat secara tepat menentukan massa molekul yang tidak diketahui dan menggunakan data tersebut untuk mengidentifikasinya secara tepat. Ini tidak hanya membuat pengukuran lebih baik, tetapi juga berarti gas yang dikumpulkan dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dibagikan dengan lebih banyak peneliti yang melakukan berbagai jenis ilmu bulan.

Ryan Zeigler dari NASA, kurator sampel Apollo mengatakan Chip Shearer dari Universitas New Mexico mengusulkan proyek ini lebih dari satu dekade lalu, dan selama tiga tahun terakhir, ditangani oleh dua tim.

Alat yang digunakan untuk mengekstrak dan mengumpulkan gas, yang disebut manifold, dikembangkan oleh Drs. Alex Meshik, Olga Pravdivtseva, dan Rita Parai dari Universitas Washington di St. Louis. Dr Francesca McDonald dari Badan Antariksa Eropa memimpin sebuah kelompok dalam membangun alat khusus untuk hati-hati menembus wadah yang memegang sampel bulan tanpa membiarkan gas keluar. Bersama-sama, mereka telah menciptakan dan menguji secara ketat sistem unik untuk mengumpulkan bahan yang sangat berharga gas dan padat yang disegel di dalam wadah.

Pada 11 Februari, tim memulai proses yang hati-hati selama berbulan-bulan untuk mengeluarkan sampel dengan terlebih dahulu membuka tabung pelindung luar dan menangkap gas apa pun di dalamnya. Zeigler dan timnya tahu gas apa yang harus ada di dalam wadah luar dan menemukan semuanya seperti yang diharapkan. Tabung tampaknya tidak mengandung gas bulan, menunjukkan segel pada tabung sampel bagian dalam kemungkinan masih utuh. Pada 23 Februari, tim memulai langkah berikutnya: proses multi-minggu menembus wadah bagian dalam dan perlahan mengumpulkan gas bulan yang diharapkan masih ada di dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper