4 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptop Gampang Rusak

Rahmi Yati
Minggu, 6 Maret 2022 | 15:10 WIB
Ilustrasi investor menganalisis pergerakan saham melalui laptop/Freepik.com
Ilustrasi investor menganalisis pergerakan saham melalui laptop/Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meski kelihatannya sepele, ternyata ada kebiasaan sepela hal yang bila dilakukan terus-menerus akan membuat laptop jadi mudah rusak. Alhasil, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti komponen atau bahkan membeli laptop baru. 

Dikutip dari laman Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, Minggu (6/3/2022), hal pertama yang kerap luput dari perhatian tapi bisa berdampak pada kelangsungan umur laptop adalah cara memasang kabel charger.

Ternyata, aturan yang benar adalah mencolokkan charger ke kontak listrik, baru disambungkan ke laptop. Kalau yang dilakukan justru sebaliknya, bisa membuat motherboard laptop cepat rusak karena listrik belum stabil.

Kebiasaan sepele kedua, yaitu mengisi baterai secara terus-menerus atau nonstop. Jangan biasakan mengisi baterai laptop saat persentasenya masih banyak. Sebab, bukannya awet, hal ini justru membuat daya baterai laptop cepat berkurang.

Selanjutnya, siapa yang suka menekan tombol shutdown pas laptop tidak merespons? Ternyata ini juga tidak baik untuk 'kesehatan' laptop. Daripada langsung mematikan perangkat, kamu bisa mencoba menutup software yang bermasalah melalui Task Manager dibanding mematikan secara paksa yang tentunya akan membuat mesin laptop cepat rusak.

Kebiasaan terakhir, yakni sering membiarkan laptop dalam kondisi sleep mode. Niatnya ingin praktis dan cepat, ternyata hal ini malah membuat baterai laptop boncos. Jadi kalau sudah selesai digunakan, pastikan laptop benar-benar mati sehingga bisa beristirahat dengan semestinya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sepele yang kerap dilakukan. Jangan diulangi lagi ya bila kamu tidak ingin laptopmu gampang rusak dan berumur pendek!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper