11 Bencana Alam Paling Mematikan dalam Sejarah Bumi, Salah Satunya di Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Maret 2022 | 16:45 WIB
Tsunami Aceh
Tsunami Aceh
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap tahun, beberapa bencana alam paling mematikan - gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, banjir, kebakaran hutan dan kekeringan, rata-rata membunuh hampir 60.000 orang, menurut Global Change Data Lab.

Bencana alam telah menjadi fakta kehidupan manusia sejak awal umat manusia, tetapi jumlah kematian yang paling kuno dari bencana ini hilang dari sejarah. Pulau kuno Mediterania Thera (sekarang Santorini, Yunani), misalnya, mengalami letusan gunung berapi dahsyat yang memusnahkan seluruh peradaban Minoa sekitar tahun 1600 SM, menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academies of Sciences. Tapi tepatnya berapa banyak nyawa yang hilang? Kita tidak akan pernah tahu.

Namun, berkat catatan dan jurnal sejarah, sejarawan setidaknya bisa memperkirakan jumlah korban jiwa terkait dengan bencana yang terjadi di era bersama.

Menurut catatan tersebut, bencana alam berikut adalah yang paling mematikan sepanjang masa, peringkat dari perkiraan korban tewas terendah hingga tertinggi dilansir dari Livescience:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper