Ini Daftar HP yang Bisa Update Android 13 dan Cara Instalnya

Rahmi Yati
Senin, 14 Februari 2022 | 20:41 WIB
Android/Antara
Android/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Android 13 Developer Preview sudah bisa diinstal oleh pengguna yang memiliki ponsel kompatibel. Namun perlu dicatat, menginstal pratinjau ini mengharuskan pemilik ponsel mengembalikan ke setelan pabrik dan menghapus semua data dan informasi pribadi.

Dikutip dari ZDNet, Senin (14/2/2022), bagi pemilik ponsel yang tetap ingin merasakan pembaruan Google lewat Android 13 Developer Preview setelah mengetahui resiko tersebut, hal pertama yang harus diperhatikan adalah harus memiliki ponsel Google Pixel.

Ini daftar HP yang bisa update Android 13:

  • Pixel 4

  • Pixel 4 XL

  • Pixel 4a

  • Pixel 4a (5G)

  • Pixel 5

  • Pixel 5a 5G

  • Pixel 6

  • Pixel 6 Pro

Perlu diingat, untuk menginstal Android 13 Developer Preview, pemilik ponsel harus melakukan factory reset dan menghapus semua data di ponsel. Setelah itu, siapkan komputer atau laptop, kabel USB-C untuk menghubungkan ponsel ke komputer, dan browser untuk proses instalasi.

Ada dua cara untuk menginstal Android 13 yaitu menggunakan Android Flash Tool dan sideloading factory image menggunakan ADB. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan Android Flash Tool.

Sebelum mulai, pemilik ponsel harus mengaktifkan developer options di ponsel Pixel dengan cara membuka aplikasi Settings > About Phone > Build number > ketuk tujuh kali sampai muncul pop-up kecil yang mengatakan kalau Developer Options sudah aktif.

Jika sudah melihat pesan tersebut, kembali ke menu Settings > System > Developer options. Cari dan aktifkan USB Debugging daan opsi OEM Unlocking.

Setelah proses itu selesai, sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB-C dan masuk ke halaman Android Flash Tool di sini. Setelah itu, cukup ikuti panduan yang ada di layar.

Sebagai tambahan, fase Android 13 Developer Preview akan berlangsung pada Februari-Maret 2022, diikuti dengan rilis beta yang dimulai pada bulan April. Versi final Android 13 kemungkinan akan dirilis pada Agustus 2021.

Android 13 dikabarkan akan memfokuskan pada masalah privasi dan sistem keamanan. Bocoran fitur baru untuk Android ini yaitu dukungan lebih optimal untuk perangkat layar besar dan adanya API photo picker untuk aplikasi dapat mengakses ke file gambar tertentu tanpa harus terhubung ke seluruh storage, serta pilihan icon sesuai dengan tema.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper