Lepas Saham Link Net Rp8,72 Triliun, Bos Grup Lippo Perkuat Bisnis Digital

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 27 Januari 2022 | 21:03 WIB
Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady./Bisnis-Endang Muchtar
Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady./Bisnis-Endang Muchtar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) oleh PT XL Axiata Tbk dan Grup Axiata Berhad senilai Rp8,72 triliun akan memuluskan langkah Grup Lippo dalam bertransformasi. Dana segar yang dihimpun dari pelepasan saham Link Net akan digunakan untuk masuk lebih dalam di pasar digital.

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengatakan aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi konsolidasi dan transformasi yang tengah dilakukan perseroan, untuk terus memperkuat neraca dan mengumpulkan dana segar guna investasi masa depan lainnya.

“Langkah ini menjadi upaya strategis kami dalam konsolidasi dan transformasi yang tengah kami lakukan,” kata John dalam siaran pers, Kamis (27/1/2022).

Berdasarkan keterbukaan informasi, Grup XL Axiata telah sepakat dengan para pemegang saham LINK untuk melakukan akuisisi terhadap 1,81 miliar saham. Adapun para pemegang saham LINK antara lain Asia Link Dewa Pte Ltd, dan Lippo Group melalui PT First Media Tbk (KBLV).

Nilai transaksi pengambilalihan saham LINK oleh Grup XL Axiata mencapai sekitar Rp8,72 triliun, atau setara RM 2,54 miliar. Adapun jumlah saham yang diakuisisi sekitar 66,03 persen dari jumlah saham disetor dan modal ditempatkan.

John menambahkan bahwa LINK merupakan perusahaan yang memiliki prospek cerah. Hanya saja, perusahaan membutuhkan strategi ekspansi. “Ekspansi yang lebih jauh dan signifikan dalam menggarap pasar digital di Tanah Air,” kata John.

Sebelumnya, Grup XL Axiata menyatakan bahwa pengambilalihan saham LINK sejalan dengan pengembangan lini digital dari XL Group maupun Lippo Group sebagai salah satu pemilik LINK.

Bagi XL, sebagaimana disampaikan Sekretaris Perusahaan PT XL Axiata Tbk Ranty Astari Rachman, proses akuisisi akan memperkuat posisi bisnis perusahaan.

“Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan memperluas jaringan usaha serta untuk memperkuat posisi bisnis XL dan Axiata di bidang penyediaan jasa telekomunikasi kepada para pelanggan,” tulis Sekretaris Perusahaan PT XL Axiata Tbk, Ranty Astari Rachman dalam keterbukaan informasi BEI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper