Darwinbox Klaim Jadi Startup Unikorn Usai Disuntik Rp1 Triliun

Ahmad Thovan Sugandi
Rabu, 26 Januari 2022 | 08:23 WIB
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Darwinbox, platform teknologi manajemen karyawan, memperoleh pendanaan sebesar US$72 juta atau Rp1 triliun dan menjadikan valuasi lebih dari US$1 miliar atau berstatus unikorn.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh Technology Crossover Ventures (TCV) bersama beberapa investor tetap, yaitu Salesforce Ventures, Sequoia, Lightspeed, SCB 10X, JGDEV, Endiya Partners, dan 3One4Capital.

Product Head dan Co-Founder Darwinbox Chaitanya Peddi menyebut, perusahaanya akan terus mengembangkan teknologi dan terobosan baru untuk memudahkan karyawan yang ingin bekerja dari berbagai tempat.

"Kami sampai di titik ini karena produk kami terbukti memberikan layanan dan mempermudah rutinitas para pekerja," ujarnya dalam rilis, Selasa (25/1/2022).

Sejak penggalangan dana terakhir dari Salesforce Ventures 12 bulan yang lalu, Darwinbox mengklaim telah bertumbuh sebesar 300 persen di Indonesia. Perusahaan tersebut memperkirakan mampu tumbuh lebih besar tahun ini, dikarenakan adanya peningkatan jumlah permintaan untuk solusi-solusi digital di tempat kerja pasca pandemi.

Didirikan pada akhir 2015, platform Human Capital Management (HCM) berbasis cloud milik Darwinbox melayani kebutuhan SDM dan pengelolaan karyawan.

Produk Darwinbox telah mendukung lebih dari 1,5 juta karyawan dari 650 perusahaan di seluruh dunia, termasuk beberapa perusahaan terkemuka Indonesia. Beberapa perusahaan tersebut adalah, Tokopedia, Kopi Kenangan, Mitra Adiperkasa, Indorama, Chandra Asri (Barito Pacific Group), Sari Roti (Salim Group), Protelindo (Djarum Group), Pyridam Farma, Gunung Raja Paksi (GRP), Astra Life, Bina Karya Prima, dan STP Tower.

General Partner TCV Gopi Vaddi menyebut, perusahaannya bangga dapat mendukung Darwinbox untuk terus berkembang dan memberi dampak pada pengelolaan SDM di berbagai sektor industri.

Adapun Co-Founder Darwinbox Jayant Paleti menyebut, pendanaan yang diperoleh perusahaannya akan digunakan untuk menyempurnakan teknologi dan layanan yang sudah ada saat ini.

"Selama dua tahun terakhir, produk kami telah dikenal luas di dunia kerja dan aka terus dikembangkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper