Indosat Ooredoo Hutchison Buka Peluang Bikin Dompet Digital, Saingi Gopay dan OVO?

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 19 Januari 2022 | 19:27 WIB
Wanita memegang smartphone dengan aplikasi dompet digital. /ANTARA
Wanita memegang smartphone dengan aplikasi dompet digital. /ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison tidak akan berhenti berinovasi pada layanan kredit digital dan terbuka untuk mengembangkan dompet digital.

VP Head of Mobile Financial Services Hendry Syaputra Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan perseroan tidak akan berhenti berinovasi pada layanan kredit digital. Perusahaan akan terus membangun kemitraan dengan mitra strategis, seperti Bank QNB Indonesia, untuk mengembangkan layanan digital.

“Kami memiliki visi untuk makin dalam terlibat dan membantu inklusi keuangan masyarakat Indonesia, sehingga produk-produk lain [termasuk dompet digital] akan terus kami kembangkan,” kata Hendry, Rabu (19/1/2022).

Dia mengatakan produk yang dikembangkan diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison juga masyarakat luas.

Sementara, Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (Idiec) M. Tesar Sandikapura mengatakan untuk dompet digital, Indosat akan berat jika harus bersaing dengan pemain yang sudah ada. Dominasi Gopay, OVO dan Shopee Pay, menurutnya, terlalu kuat sehingga butuh ongkos besar untuk menyaingi mereka.

Adapun untuk layanan kredit online, kata Tesar, masih terdapat peluang karena kebutuhan masyarakat terhadap akses pinjaman cukup besar. Hanya saja, produk yang diberikan Indosat Ooredoo Hutchison harus inovatif.

“Kebutuhan pinjaman mikro saya lihat masih terus tumbuh, karena mungkin orang Indonesia konsumtif,” kata Tesar, Rabu (19/1/2022).

Tesar menambahkan salah satu indikator lain suburnya pasar peminjaman di Indonesia adalah tumbuhnya platform pinjaman online, baik yang resmi maupun ilegal.

Dia berpendapat tanpa inovasi yang besar, Indosat akan sulit bersaing. Latar belakang Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi, tidak memiliki hubungan yang kuat dengan layanan keuangan. Perusahaan telekomunikasi yang sempat mengembangkan dompet digital pun tumbang. Contoh XL Tunai dan Dompetku.

“Ini diversifikasi produk saja sepertinya,” kata Tesar.

Sekadar informasi, hari ini Indosat Ooredoo Hutchison berkolaborasi dengan PT Bank QNB Indonesia Tbk. akan menghadirkan solusi pinjaman digital bernama Ucan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper