Saksikan Fenomena Fase Bulan Purnama, Besok 17-18 Januari

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Januari 2022 | 09:12 WIB
Fenomena bulan purnama biru/istimewa
Fenomena bulan purnama biru/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lapan RI mencatat, besok 17-18 Januari akan terjadi fase Bulan Purnama dekat Pollux (Alfa Geminorum).

Fase Bulan purnama, atau disebut juga fase oposisi [solar] Bulan, adalah konfigurasi ketika Bulan terletak membelakangi Matahari dan segaris dengan Bumi dan Matahari.

Mengingat orbit Bulan yang membentuk sudut 5,1° terhadap ekliptika, Bulan tidak selalu memasuki bayangan Bumi ketika fase Bulan purnama, sehingga setiap fase Bulan purnama tidak selalu beriringan dengan gerhana Bulan.

Fase Bulan purnama di Januari 2022 ini terjadi pada 18 Januari pukul 06.48.34 WIB / 07.48.34 WITA / 08.48.34 WIT dengan jarak 401.503 km dari Bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Cancer.

Secara tradisional, Bulan purnama di bulan Januari disebut juga Bulan Purnama Serigala (Full Wolf Moon) karena di belahan utara Bumi, serigala melolong kelaparan di tengah rendahnya suhu selama musim dingin.

Bulan purnama dapat disaksikan sejak malam sebelumnya (17 Januari) sekitar pukul 18.00 waktu setempat dari arah timur laut, kemudian berkulminasi sekitar tengah malam (18 Januari) di arah utara dan terbenam sekitar pukul 06.00 waktu setempat di arah barat laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper