Wow! KoinWorks Raih Pendanaan Seri C hingga Rp1,6 Triliun

Ahmad Thovan Sugandi
Rabu, 12 Januari 2022 | 15:30 WIB
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - KoinWorks mengumumkan pendanaan seri C sejumlah US$108 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun yang dipimpin oleh MDI Ventures dengan partisipasi dari investor sebelumnya seperti Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, ACV dan East Ventures.

CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono menyebut, Indonesia adalah salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia, dengan jumlah usaha kecil menengah (UKM) yang saat ini mencapai lebih dari 62 juta.

Terlebih lagi, Indonesia memiliki proyeksi nilai barang dagangan bruto sebesar US$70 miliar tahun ini, dan jumlah itu diperkirakan akan tumbuh lebih dari dua kali lipat pada 2025. Namun, akses ke keuangan adalah kendala kedua yang paling sering dihadapi UKM ketika mencoba mengembangkan bisnis mereka di pasar negara berkembang.

“KoinWorks telah membuktikan bahwa membuka pintu untuk akses modal dan menyediakan sarana edukasi membantu UKM dalam meningkatkan penjualan mereka. Selain itu, jika para UKM dapat memanfaatkan sepenuhnya semua solusi keuangan KoinWorks, potensi pertumbuhan UKM bisa jadi tidak terbatas,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, pendanaan yang terbagi dalam ekuitas senilai US$43 juta dan debt capital senilai US$65 juta, akan digunakan untuk mengembangkan solusi keuangan yang ditawarkan. Selain itu juga untuk menambah karyawan KoinWorks seiring rencana perusahaan untuk mempekerjakan 400 karyawan baru secara global untuk memenuhi kebutuhannya saat ini.

KoinWorks menyediakan sarana bagi pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) serta freelancer untuk memulai perjalanan kewirausahaan dan mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan berbagai produk yang tergabung dari sebuah Neobank untuk UKM, NEO Account dan NEO Card, hingga akses untuk melakukan pinjaman dan meningkatkan produktivitas dalam berbisnis.

Dia menjelaskan pengguna akan menemukan marketplace aplikasi terintegrasi seperti Software Akuntansi, POS, e-Commerce, HRMS untuk UKM, aplikasi Budgeting bersama produk-produk utama KoinWorks, seperti penyediaan modal kerja, anjak piutang, EWA (Early Wage Access), dan pengelolaan dana. Semua itu dirancang untuk membantu pemilik bisnis agar mampu berdiri sendiri dan membuat layanan keuangan dapat diakses serta terjangkau bagi siapa saja.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja menyebut, melakukan investasi di KoinWorks sama dengan berinvestasi dalam literasi keuangan masyarakat yang underbanked dan underserved.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menyebut, perusahaannya sangat senang dapat mendukung KoinWorks dalam memperluas akses keuangan untuk lebih banyak lagi UKM di Indonesia. Kerjasama dengan BUMN untuk KoinWorks NEO juga makin memperkuat solusi keuangan bagi para UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper