Ini 5 Daftar Kampus yang Alumninya Cepat Dapat Pekerjaan

Akbar Evandio
Minggu, 9 Januari 2022 | 14:04 WIB
Universitas Diponegoro. /Istimewa
Universitas Diponegoro. /Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Situs pemeringkatan universitas terpercaya dunia, QS World University Rankings (QS WUR) melalui skema QS Graduate Employability Rankings 2022 melalui laporannya mencatatkan sejumlah kampus di Indonesia yang alumninya paling cepat mendapatkan pekerjaan. 

Laporan tersebut menilai berdasarkan lima indikator yang digunakan, yaitu Partnerships with Employers (25 persen), Graduate Employment Rate (10 persen), Employer-Student Connections (10 persen), Alumni Outcomes (25 persen), dan Employer Reputation (30 persen).

Berdasarkan hasil penilaian, Universitas Diponegoro (Undip) menempati peringkat pertama dengan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Undip memperoleh nilai 96.5 untuk graduate employment rate, 84.2 untuk employer-student connections, 14.4 di employer reputations, 12.0 di alumni outcomes dan 6,4 untuk partnership with employers. 

Kampus kedua ditempati oleh Universitas Indonesia yang dinilai mampu menghasilkan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Sebagai universitas yang menghasilkan tokoh-tokoh penting, UI memiliki 13 fakultas yang terdiri dari rumpun Ilmu Kesehatan, rumpun Ilmu Sains dan Teknologi, dan rumpun Sosial dan Humaniora. 

Posisi ketiga adalah Unair. Kampus yang terletak di Surabaya ini memiliki 15 fakultas, satu sekolah pascasarjana, dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang terletak di Banyuwangi. 

ITB menempati peringkat keempat dengan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Perguruan tinggi yang berlokasi di Bandung ini memiliki tujuh fakultas dan 5 sekolah. 

Urutan selanjutnya adalah UGM. Universitas yang berada di Yogyakarta ini memiliki belasan fakultas dan puluhan program studi dari rumpun Saintek maupun Soshum. Tepatnya sebanyak 18 Fakultas dan 69 program studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper