Trafik Telkomsel Naik saat Nataru, Gaming Jadi Primadona

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 3 Januari 2022 | 16:29 WIB
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat kenaikan lalu lintas momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 dibandingkan dengan hari biasa.

Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan rerata payload sebesar 10 persen sepanjang Nataru 2021/2022 dibandingkan dengan hari biasa.

Namun jika dibandingkan dengan Nataru 2020/2021, payload anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) ini tumbuh 20 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan secara keseluruhan, total trafik payload broadband Telkomsel selama momen Natal dan Tahun Baru 2021/2022 mencapai 44 Petabyte. 

“Lonjakan trafik komunikasi layanan digital di periode Nataru 2021/2022 tersebut didorong dengan peningkatan aktivitas layanan digital,” kata Denny dalam siaran pers, Senin (3/1/2022). 

Denny menjelaskan akses layanan dagang el mengalami pertumbuhan hingga 21 persen saat Natal dan Tahun Baru dibandingkan dengan hari biasa, akses sosial media tumbuh mencapai 15 persen, dan aktivitas browsing tumbuh 11 persen. Kemudian untuk layanan video streaming tumbuh sekitar 13 persen. 

Mobile gaming melonjak 87 persen dibandingkan dengan hari biasa saat Natal dan Tahun Baru,” kata Denny. 

Di samping itu, lanjutnya, Telkomsel juga mencatat peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform seperti YouTube, Facebook, TikTok, WhatsApp dan Instagram yang turut memberikan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data secara umum. 

Berdasarkan wilayah, jika dibandingkan dengan hari biasa tahun lalu, peningkatan trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah operasional Bogor (Jawa Barat) sebesar 16 persen, wilayah Deli Serdang (Sumatera Utara) dengan peningkatan payload sebesar 15 persen. 

Kemudian untuk wilayah Simalungun (Sumatera Utara) tumbuh sekitar 36 persen, wilayah Bandung (Jawa Barat) tumbuh 10 persen, dan Bekasi (Jawa Barat) dengan lonjakan hingga 9 persen.

“Telkomsel sebagai society enabler akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan dengan menghadirkan solusi digital inovatif,” kata Denny. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper